Vitamin C 1000 Mg: Pentingkah Buat Tubuh? Apa Efek Sampingnya? 1 Jeruk Nipis Berapa Gram Vitamin C

Vitamin C 1000 Mg: Pentingkah Buat Tubuh? Apa Efek Sampingnya?

Hi bersua kembali di situs Autoblog Kesehatan , kali ini saya akan memberikan penjelasan tentang "Vitamin C 1000 Mg: Pentingkah Buat Tubuh? Apa Efek Sampingnya?" dengan jelas, mari simak selengkapnya ...

Vitamin C adalah salah satu nutrisi penting yang harus Anda penuhi setiap hari. Kegunaan vitamin ini bagi tubuh begitu banyak. Mulai dari sebanyak itu? Ini dia penjelasannya.

Berapa kebutuhan vitamin C anak dan orang dewasa dalam sehari?

Anda perlu memenuhi kebutuhan vitamin C harian sesuai standar yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan Indonesia dalam Angka Kecukupan Gizi (AKG) tahun 2013.

Menurut AKG, anak di atas satu tahun membutuhkan asupan vitamin C sebanyak 40-45 mg. Sedangkan remaja berusia di atas 12 tahun perlu memenuhi kebutuhan vitamin C paling tidak 65-90 mg per hari.

Untuk orang dewasa di atas 18 tahun, kebutuhan vitamin C harian Anda adalah 75-90 mg. akan membutuhkan lebih banyak lagi vitamin C. Namun, konsultasikan dulu dengan dokter kandungan Anda seberapa banyak dosis tambahan yang diperlukan.

vitamin C

Perlukah mengonsumsi vitamin C 1000 mg setiap hari?

Kebutuhan vitamin C harian berdasarkan AKG memang sangat jauh dari dosis yang ditawarkan macam-macam produk suplemen vitamin. Pasalnya, sel-sel tubuh manusia tidak bisa menyerap kebanyakan vitamin C dalam sehari.

Menurut penelitian dalam Journal of the American Medical Association (JAMA), tubuh Anda hanya mampu mencerna 200 mg vitamin C setiap harinya. Lebih dari itu, vitamin C tidak akan diserap dan tak ada gunanya buat sel-sel Anda.

Sebuah penelitian lain dalam American Journal of Clinical Nutrition juga menghasilkan temuan yang serupa. Manusia hanya mampu mengolah 120 hingga 200 mg vitamin C setiap harinya. Sedangkan standar minimal yang ditetapkan dalam AKG sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Anda setiap hari.

Karena itu, sebenarnya manusia tidak butuh vitamin C 1000 mg setiap harinya. Kalau pola makan Anda sehari-hari memang tak bisa , suplemen dengan dosis vitamin C yang lebih rendah seharusnya sudah cukup. Akan tetapi, jangan lupa untuk konsultasi dulu ke dokter sebelum mulai minum suplemen vitamin apa pun.

manfaat vitamin C saat puasa

Yang mungkin terjadi kalau Anda overdosis vitamin C

Ya, manusia mungkin saja . Penelitian dari Institute of Medicine’s Food and Nutrition Board di Amerika Serikat menguak bahwa bagi orang dewasa, batas aman konsumsi vitamin C harian adalah 2000 mg. Sedangkan penelitian lain menunjukkan bahwa batasnya yaitu 1000 mg. Untuk menghindari risiko-risiko di bawah ini, hindari mengonsumsi vitamin C lebih dari 1000 mg per hari.

  • Gangguan pencernaan. Misalnya diare, sembelit, sakit perut, mual, muntah, dan kembung.
  • . Gejalanya antara lain kerongkongan panas (heartburn), sulit menelan, dan mulut terasa asam atau pahit.
  • Sakit kepala.
  • Susah tidur atau insomnia.
  • .
  • Gula darah naik. Ini karena Anda harus minum sebotol minuman vitamin C 1000 mg setiap hari. Minuman kemasan tersebut mengandung gula atau pemanis buatan yang cukup tinggi dan bisa menyebabkan kadar gula darah melonjak.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Begitulah pembahasan "Vitamin C 1000 Mg: Pentingkah Buat Tubuh? Apa Efek Sampingnya?" terima kasih atas kunjungannya

konten ini dikelompokkan ke dalam kategori

konten ini bersumber dari https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/minum-vitamin-c-1000-mg/

Posting Komentar untuk "Vitamin C 1000 Mg: Pentingkah Buat Tubuh? Apa Efek Sampingnya? 1 Jeruk Nipis Berapa Gram Vitamin C"