18 Manfaat Petai Atau Pete Bagi Kesehatan, Dari Gula Darah Hingga Sembelit | Dream.co.id Khasiat Petai Untuk Kesehatan

18 Manfaat Petai atau Pete Bagi Kesehatan, dari Gula Darah hingga Sembelit | Dream.co.id

Hallo, berjumpa kembali, sesi kali ini akan membawa pembahasan mengenai khasiat petai untuk kesehatan 18 Manfaat Petai atau Pete Bagi Kesehatan, dari Gula Darah hingga Sembelit | Dream.co.id simak selengkapnya 

Inilah 18 manfaat petai atau pete bagi kesehatan, mulai dari menurunkan kadar gula darah, mengatasi anemia, hingga mengatasi sembelit.

Dream - Siapa yang tak kenal dengan petai atau pete? Petai cenderung dihindari karena menimbulkan efek samping berupa bau yang busuk setelah dimakan.

Meski berbau busuk, petai merupakan salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Sebab banyak masakan khas daerah di Indonesia menyertakan petai atau pete di dalamnya.

Kita bisa melihat petai di dalam sambal teri, sayur lodeh, nasi goreng, balado, hingga sambal goreng.

Bagi Sahabat Dream yang suka dengan petai atau pete ini, berbahagialah. Karena manfaat petai atau pete bagi kesehatan sangat banyak sekali.

Sejumlah peneliti menemukan beberapa kandungan petai atau Parkia speciosa memiliki sifat medis, yaitu kemampuan untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit.

Karena itu petai atau pete ini berpotensi untuk dikembangkan sebagai salah satu jenis tanaman phytomedicine, yaitu bahan pengobatan herba. Namun untuk sampai di sana harus melalui penelitian lebih lanjut.

Manfaat petai atau pete bagi kesehatan di antaranya menurunkan kadar gula darah, mengatasi anemia, mengurangi depresi, menurunkan tekanan darah tinggi hingga mengobati sembelit.

Selain itu, manfaat petai bagi kesehatan lainnya adalah menghilangkan kebiasaan merokok dan memperbaiki mood saat mengalami sindrom prahaid atau Premenstrual Syndrome/PMS)

Nah, dengan melihat begitu banyaknya manfaat petai atau pete bagi kesehatan, masihkah berusaha menghindarinya?

Cobalah untuk mengonsumsinya sesekali, karena ternyata petai atau pete ini mengandung manfaat kesehatan yang banyak. 18 manfaat petai atau pete bagi kesehatan di antaranya:

1. Menurunkan Kadar Gula Darah

Apa yang Terjadi Saat Kadar Gula Darah Tinggi?© MEN

Salah satu manfaat petai bagi kesehatan adalah memiliki efek hipoglikemik atau kemampuan untuk menurunkan kadar gula darah. Khasiat petai untuk menurunkan kadar gula darah ini berkat kandungan beta-sitosterol, stigmasterol dan stigmast-4-en-3-one di dalamnya. Meski begitu, efek menurunkan darah ini baru berlaku pada hewan percobaan yang menderita gula darah.

2. Mengurangi Depresi atau Stres

Manfaat petai untuk mengurangi depresi atau stres.© Freepik.com

Manfaat petai lainnya adalah mengurangi depresi atau stres. Petai memiliki kandungan triptofan, yaitu senyawa protein yang akan diubah tubuh menjadi serotonin. Dengan mengonsumsi serotonin, seseorang bisa menjadi rileks dan bahagia sehingga dia terhindar dari depresi atau stres.

3. Mengatasi Anemia

Manfaat petai atau pete yang bisa didapatkan oleh tubuh adalah merangsang produksi sel darah merah. Manfaat petai ini tentu sangat berguna untuk mengatasi anemia. Anemia terjadi ketika tubuh tidak memiliki cukup zat besi untuk membuat hemoglobin. Ketika tidak ada zat besi yang cukup dalam aliran darah, seluruh tubuh tidak bisa mendapatkan jumlah oksigen yang dibutuhkan.

1 dari 5 halaman

4. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Petai mengandung kadar kalium yang tinggi tapi rendah garam atau natrium. Karena itu manfaat petai untuk menurunkan tekanan darah tinggi tak diragukan lagi. Tidak itu saja, penelitian yang dilakukan Badan Pangan dan Obat Amerika Serikat (FDA) menunjukkan manfaat petai untuk menghindari serangan penyakit stroke.

Hal ini diperkuat sebuah riset yang diterbitkan di The New England Journal of Medicine. Disebutkan bahwa menyertakan petai dalam makanan sehari-hari akan menurunkan risiko kematian karena stroke sampai 40%.

5. Mengobati Sembelit atau Susah BAB

Gara-gara Susah BAB, Keluarga Ini Jadi Jutawan© MEN

Manfaat petai atau pete selanjutnya adalah menormalkan kembali sistem pencernaan sehingga mampu mengobati sembelit atau susah buang air besar (BAB). Hal ini dikarenakan kandungan serat yang tinggi di dalam petai. Dengan mengonsumsi petai, kamu tak perlu minum obat-obatan pencahar untuk mengatasi sembelit atau susah BAB.

6. Memperbaiki Mood Saat PMS (Premenstrual Syndrome)

Menstruasi Pertama Bisa Ramalkan Kesehatan Masa Depan© MEN

Manfaat makan petai atau pete berikutnya adalah memperbaiki mood saat PMS. Saat mengalami PMS, kamu tidak perlu mengonsumsi obat atau jamu khusus. Cukup makan dengan petai. Vitamin B6 di dalam petai mampu mengatur kadar gula darah sehingga dapat membantu memperbaiki mood saat PMS

2 dari 5 halaman

7. Membantu Menghilangkan Kebiasaan Merokok

Manfaat petai atau pete untuk menghilangkan kebiasaan merokok.© Freepik.com

Manfaat petai atau pete yang jarang diketahui adalah bisa membantu menghilangkan kebiasaan merokok. Ya, kamu mungkin bisa sembuh dari kebiasaan merokok dengan rajin mengonsumsi petai. Ini semua berkat kandungan vitamin B6 dan B12, kalium, potasium, dan zat besi di dalam pete yang bisa membantu tubuh untuk mengatasi kecanduan nikotin.

8. Sebagai Anti-bakteri

Kandungan senyawa polisulfida siklik menunjukkan manfaat petai atau pete bagi kesehatan sebagai anti-bakteri. Selain itu, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa ekstrak biji petai mengandung trithiolane dan hexathionine yang memiliki kemampuan anti-bakteri. Ekstrak biji petai itu paling efektif melawan golongan bakteri Gram-negatif.

9. Sebagai Anti-kanker

Khasiat petai atau pete sebagai anti-kanker© Freepik.com

Beberapa penelitian menemukan bahwa selain vitamin dan mineral dalam jumlah tinggi, ekstrak petai juga mengandung flavonoid, polyphenol, dan phytosterol. Ketiga kandungan tersebut menunjukkan, manfaat petai lainnya sebagai antioksidan dalam kadar yang cukup tinggi. Jika ditambah dengan kandungan asam thiazolidine-4-carboxylic di dalamnya, maka berarti petai juga memiliki manfaat sebagai anti-kanker.

3 dari 5 halaman

10. Memperbaiki Mood dan Emosi

Khasiat petai atau pete untuk pengobatan dapat dirasakan oleh penderita Seasonal Affective Disorder (SAD), sejenis depresi ringan yang lebih banyak dijumpai di negara dengan empat musim. Petai dapat membantu penderita SAD karena mengandung triptofan, salah satu jenis asam amino esensial yang dibutuhkan untuk perkembangan dan pertumbuhan tubuh yang bisa mendorong mood dan emosi. Efek triptofan secara biologis berperan dalam pembentukan serotonin. Zat neurotransmiter di otak ini dapat membuat seseorang lebih rileks. Selain itu, serotonin berkaitan dengan rasa mengantuk.

11. Meningkatkan Energi dan Stamina

Khasiat petai atau pete bagi kesehatan untuk meningkatkan energi© Freepik.com

Di dalam petai terkandung 3 gula alami yaitu sukrosa, fruktosa, dan glukosa. Apabila dikombinasikan dengan serat, maka manfaat petai adalah untuk meningkatkan energi dan stamina. Sebuah riset membuktikan manfaat petai yaitu ketika seseorang menyantap dua porsi pete yang membuatnya mampu melakukan aktivitas berat selama 90 menit.

12. Menenangkan Sistem Saraf

Manfaat petai atau pete untuk menenangkan sararf© Freepik.com

Petai memiliki kandungan vitamin B dalam jumlah besar sehingga manfaat pete yang bisa didapatkan adalah untuk menenangkan sistem saraf. Kandungan vitamin B yang tinggi membantu melemaskan sistem saraf pusat. Petai juga diperkaya oleh kalium yang akan membantu menstabilkan detak jantung, mengirim oksigen ke otak, dan juga mengelola keseimbangan air tubuh manusia. Ketika merasa cemas, laju metabolisme meningkat hingga menurunkan kadar kalium.

4 dari 5 halaman

13. Mengatasi Luka Lambung

Manfaat petai untuk mengatasi luka lambung© Freepik.com

Manfaat pete selanjutnya adalah mengatasi luka lambung. Petai dapat digunakan sebagai makanan untuk menetralkan asam lambung dan mengurangi iritasi dengan melapisi permukaan dalam lambung.

14. Mengatasi Mabuk

Salah satu manfaat petai bagi kesehatan adalah mengatasi mabuk akibat minum minuman keras. Caranya, buat milkshake dari petai yang diberi tambahan madu. Petai akan menenangkan perut, sementara madu akan meningkatkan kadar gula darah yang turun. Sedangkan susu akan menenangkan dan memperbaiki kadar cairan dalam tubuh. Meski cara ini terdengar aneh, akan tetapi aroma yang ditimbulkan dari petai dapat membangunkan seseorang dari mabuk.

15. Meningkatkan Kemampuan Otak

Sebuah penelitian terhadap 200 siswa di Twickenham, Inggris, mengungkapkan khasiat petai atau pete untuk meningkatkan kemampuan otak. Mereka yang mengonsumsi petai sebanyak tiga kali sehari dapat mengerjakan soal ujian dengan mudah.

5 dari 5 halaman

16. Meredakan Gatal Akibat Gigitan Nyamuk

Bahan Alami Untuk Hilangkan Bekas Gigitan Nyamuk© MEN

Manfaat petai yang jarang diketahui orang adalah bisa meredakan gatal akibat gigitan nyamuk. Kamu mencobanya dengan menggosokkan kulit bagian dalam petai ke kulit yang gatal akibat gigitan nyamuk. Kulit petai akan meredakan rasa gatal dan radang yang mengganggu ini.

17. Mengatasi Mual dan Muntah

Tak banyak yang tahu bahwa manfaat petai lainnya adalah untuk mengatasi mual dan muntah yang diakibatkan terlalu banyak makan. Hal ini bisa terjadi karena petai memiliki efek antasid pada tubuh. Petai dapat membantu mengurangi rasa sesak dan sakit pada perut. Makan petai di sela waktu makan juga membuat kadar glukosa darah naik dan mencegah mual di pagi hari pada wanita.

Demikian tadi 17 manfaat petai atau pete bagi kesehatan, mulai dari kadar gula darah, mengatasi anemia, mengurangi depresi, menurunkan tekanan darah tinggi hingga mengobati sembelit.

Perlu diketahui, khasiat atau manfaat petai bagi kesehatan memang banyak. Namun perlu diingat, penelitian manfaat petai atau pete ini masih sangat sedikit. Sehingga di balik potensinya sebagai tanaman pengobatan herba, tetap harus dikonsumsi secara bijaksana, seperti tidak berlebihan mengonsumsi petai. Semoga bermanfaat.

Dirangkum dari berbagai sumber.

oke pembahasan tentang 18 Manfaat Petai atau Pete Bagi Kesehatan, dari Gula Darah hingga Sembelit | Dream.co.id semoga artikel ini menambah wawasan terima kasih

tulisan ini diposting pada label khasiat petai untuk kesehatan, khasiat petai buat kesehatan, khasiat petai belalang untuk kesehatan, , tanggal 18-09-2020, di kutip dari https://www.dream.co.id/fresh/manfaat-petai-pete-untuk-kesehatan-191001v.html

Posting Komentar untuk "18 Manfaat Petai Atau Pete Bagi Kesehatan, Dari Gula Darah Hingga Sembelit | Dream.co.id Khasiat Petai Untuk Kesehatan"