15 Manfaat Dan Khasiat Daun Anting-Anting Untuk Kesehatan - Khasiat Khasiat Sambiloto Untuk Kesehatan

15 Manfaat dan Khasiat Daun Anting-Anting untuk Kesehatan - Khasiat

Halo bertemu lagi di situs Autoblog Kesehatan , kali ini saya akan membahas tentang "15 Manfaat dan Khasiat Daun Anting-Anting untuk Kesehatan - Khasiat" dengan jelas, mari simak selengkapnya ...

Daun Anting-Anting

Khasiat.co.id – Daun anting-anting berasal dari tanaman anting-anting yang digolongkan ke dalam tanaman semak. Beberapa daerah di Indonesia menyebutnya dengan berbeda. Orang Sunda menyebut tanaman anting-anting dengan nama rumput kokosan. Tanaman ini tingginya mencapai 1 meter dengan bentuk daun yang oval berwarna hijau dan ujung yang lancip. Sekilas, daun anting-anting mirip dengan sebuah terompet yang berbentuk mangkuk.

Setelah diteliti lebih lanjut, daun anting-anting ternyata mengandung banyak senyawa bekhasiat. Kandungan di dalam daun ini yaitu tanin, saponin, flavonoid, alkaloid, dan dengan beberapa fungsi kesehatan untuk tubuh. Walaupun rasanya pahit, tapi jika dikonsumsi daun ini rasanya dingin dan menyejukkan tenggorokan. Anda bisa menanam tanaman anting-anting di rumah untuk persedian obat herbal dengan memetik daunnya dan mengolahnya menjadi racikan obat.

Agar tidak salah dalam memahami manfaat dan khasiat daun anting-anting, kami berikan rincian penjelasan tentang beberapa kegunaan daun ini untuk kesehatan Anda. Berikut ini informasinya.

1. Obat disentri

bisa Anda gunakan untuk mengobati penyakit disentri. Daun yang satu ini mampu menjadi obat herbal yang alami untuk mengatasi disentri. Anda tidak akan mengalami efek samping dari daun ini.

2. Mengatasi batuk

Khasiat daun anting-anting ampuh untuk mengatasi batuk. Daun ini bermanfaat dalam meredakan batuk dengan cara mencairkan dahak di dalam tenggorokan Anda. Hasilnya, dahak tersebut bisa dengan mudah dikeluarkan.

15 Manfaat dan Khasiat Daun Anting-Anting untuk Kesehatan - Khasiat

3. Mengobati luka pada kulit

Khasiat daun anting-anting untuk kulit ampuh menyembuhkan luka yang ada di kulit. Daun ini akan mempercepat penyembuhan luka, menghentikan pendarahan, dan mengeringkan luka dengan alami dan cepat.

4. Mengatasi diare

Khasiat daun anting-anting juga baik untuk digunakan sebagai obat diare. Daun ini punya fungsi anti bakteri yang ampuh. Bakteri di dalam pencernaan Anda akan dibuang dari tubuh sehingga tidak menimbulkan diare lagi.

5. Menghentikan muntah darah

Khasiat daun anting-anting dapat menghentikan muntah darah. Daun ini akan mengatasi rasa mual di perut Anda dan membantu tubuh untuk menghentikan pendarahan yang keluar dari mulut, sehingga tidak memicu muntah darah kembali.

6. Obat BAB berdarah

Manfaat daun anting-anting juga bagus untuk mengatasi kesulitan BAB atau buang air besar. BAB yang sudah terlalu parah akan membuat saluran pembuangan di tubuh Anda menjadi berdarah dan juga infeksi.

7. Mengatasi penyakit dermatitis

Daun anting-anting sudah sering digunakan sebagai obat herbal dalam mengatasi penyakit, salah satunya adalah penyakit dermatitis. Kandungan di dalam daun ini ampuh untuk menyembuhkan penyakit dermatitis.

8. Obat eksim

Kegunaan daun anting-anting sebagai obat bisa Anda jadikan penyembuh penyakit eksim. Penelitian lebih lanjut mengatakan bahwa daun ini cukup ampuh untuk meredakan penyakt eksim yang menyerang tubuh Anda.

9. Melancarkan saluran kemih

Hampir sama seperti khasiat daun lainnya, daun anting-anting bisa membuat saluran kemih Anda menjadi lebih lancar. Sifat anti bakterinya bisa membunuh bakteri yang berada di saluran kemih sehingga tidak menimbulkan penyakit ISK.

10. Anti inflamasi

Anti inflamasi adalah fungsi atau sifat daun anting-anting dalam mengobati berbagai jenis peradangan. Radang yang timbul di dalam tubuh Anda bisa disembuhkan dengan menggunakan manfaat daun yang satu ini.

Baca Juga:

15 Manfaat dan Khasiat Daun Anting-Anting untuk Kesehatan - Khasiat

Selain 10 manfaat dan khasiat daun anting-anting untuk kesehatan, ada lagi 5 manfaat lainnya dari daun ini yang perlu Anda ketahui. Berikut ini manfaat lainnya:

5 Manfaat dan Khasiat Daun Anting-Anting Lainnya:

  1. Bersifat anti biotic
  2. Anti bakteri
  3. Mencegah tumor
  4. Anti kanker
  5. Baik untuk pencernaan

Itulah 15 manfaat dan khasiat daun anting-anting untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjaga kesehatan dengan memanfaatkan yang sehat pula. Pola hidup yang sehat akan lebih menguntungkan Anda nantinya di masa depan, karena kesehatan jaman sekarang merupakan hal yang mahal. Selamat mencoba.

Related Tags

Begitulah pembahasan "15 Manfaat dan Khasiat Daun Anting-Anting untuk Kesehatan - Khasiat" terima kasih atas kunjungannya

postingan ini dikelompokkan ke dalam kategori khasiat sambiloto untuk kesehatan, khasiat sambiloto utk kesehatan, kegunaan sambiloto untuk kesehatan,

postingan ini bersumber dari https://www.khasiat.co.id/daun/anting-anting.html

Posting Komentar untuk "15 Manfaat Dan Khasiat Daun Anting-Anting Untuk Kesehatan - Khasiat Khasiat Sambiloto Untuk Kesehatan"