55 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Pengobatan, Wajah, Rambut, Bibir Dan Diet - Khasiat Jeruk Nipis Yang Sudah Tua Memiliki Rasa


Halo berjumpa lagi di situs Autoblog Kesehatan , pada pertemuan ini saya akan memberikan penjelasan tentang "55 Manfaat Jeruk Nipis untuk Pengobatan, Wajah, Rambut, Bibir dan Diet - Khasiat" dengan jelas, mari simak selengkapnya ...

Manfaat Jeruk Nipis – Jeruk Nipis memiliki ciri khas berdasarkan aroma dan rasanya yang kecut. Namun, ini mampu memberikan kesegaran, selain itu manfaat jeruk nipis juga telah dipercaya sejak lama untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Tanaman yang masuk dalam keluarga jeruk ini bentuknya lebih kecil dibandingkan dengan jeruk pada umumnya, akan tetapi kandungan nutrisi yang ada di dalamnya tidak bisa dianggap sepele.

Tanaman yang memiliki nama latin Citrus aurantifolia (Cristm) ini memiliki penyebutan yang berbeda di beberapa wilayah di Indonesia. Di pulau Sumatera khususnya Aceh, jeruk nipis dikenal dengan nama Kelangsa. Sementara di pulau Jawa sering disebut dengan nama jeruk pecel. Berbeda dengan pulau Jawa dan Sumatera, di wilayah Kalimantan jeruk nipis disebut sebagai lemau nepi.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Jeruk Nipis

Di dalam jeruk nipis terdapat berbagai kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Berikut beberapa kandungan nutrisi tersebut:

  • Limonene
  • Flavonoid
  • Serat
  • Asam Askorbat/Vitamin C
  • Asam Sitrat
  • Air
  • Protein
  • Lemak
  • Karbohidrat
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Besi
  • Beta Karoten
  • Tiamin

Manfaat Jeruk Nipis untuk Pengobatan Penyakit

1. Membantu mengobati asam urat

Asam sitrat pada jeruk nipis merupakan faktor penting yang berguna melarutkan asam urat secara alami. Minumlah segelas air rendaman jeruk nipis (infus water) setiap pagi, dijamin asam urat akan lebih terkontrol dengan baik.

2. Membantu mengurangi tekanan darah tinggi

Kandungan Kalium di dalam jeruk nipis berfungsi ini membantu menurukan tekanan darah di dalam tubuh.

Senyawa Flavonoid yang terkandung dalam jeruk nipis memiliki fungsi yakni sebagai anti-oksidan. Antioksidan ini sangat kuat dan bertugas untuk melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas, terutama molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel sehat.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Pengobatan Penyakit Lainnya

4. Meningkatkan imunitas tubuh

5. Menstabilkan pH dalam tubuh

6. Membantu mengatasi radang tenggorokan

7. Menjaga kesehatan organ ginjal

8. Mengobati masalah pada gigi

9. Meredakan sakit gusi bengkak

10.Menyembuhkan panu

Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah

1. Mencerahkan wajah

Jeruk nipis kaya akan anti-oksidan dan vitamin C. Hal ini dapat membantu kulit terhindar dari jerawat, mencerahkan wajah, dan mengatasi masalah minyak berlebih di area muka. Selain itu manfaat jeruk nipis lainnya untuk wajah adalah membantu proses pengangkatan sel-sel kulit mati. Dengan manfaatnya mengangkat sel-sel kulit mati inilah, jeruk nipis dipercaya dapat mencerahkan wajah secara alami.

2. Menyamarkan bekas jerawat dan flek hitam di wajah

Bagi Anda yang memang sudah mengalami peradangan parah pada wajah yakni karena jerawat dan ingin segera menghilangkan bekasnya, Anda bisa mengaplikasikan jeruk nipis untuk menyamarkan bekas jerawat dan flek hitam di wajah. Kandungan vitamin C dan antioksidan serta flavonoid yang ada dalam jeruk nipis membantu mempercepat menghilangkan noda bekas jerawat. Tidak hanya jerawa, flek hitam yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari juga dapat diatasi dengan menggunakan jeruk nipis.

3. Mengencangkan kulit

Selain mencerahkan wajah, jeruk nipis juga dapat digunakan untuk mengencangkan wajah secara alami. Kandungan beta karoten, vitamin C, dan anti oksidan yang ada di dalam jeruk nipis dapat membantu menjaga dan mengembalikan elastisitas kulit sehingga selalu tampak kencang dan awet muda.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah Lainnya

4. Membantu mengatasi masalah komedo

5. Berguna untuk menebalkan bulu mata dan alis

6. Membuat kulit halus dan lembut

7. Mengatasi problem pori-pori wajah yang besar

55 Manfaat Jeruk Nipis untuk Pengobatan, Wajah, Rambut, Bibir dan Diet - Khasiat

8. Melindungi wajah dari kusam

Manfaat Jeruk Nipis untuk Rambut

1. Mengatasi masalah kerontokan pada rambut

Mengoleskan air perasan dari jeruk nipis pada rambut dan didiamkan kurang lebih 1 jam, akan membantu mengurangi rambut rontok. Kandungan vitamin C-nya yang tinggi, membantu akar rambut menjadi lebih kuat.

2. Menghilangkan Ketombe

Kandungan asam sitrat yang terdapat di dalam jeruk nipis bermanfaat untuk menghilangkan ketombe sekaligus mencegah ketombe datang kembali. Kandungan vitamin C yang juga ada di dalam jeruk nipis membantu mengembalikan keseimbangan pH rambut agar lebih sehat dan tidak lembap.

3. Membantu rambut tumbuh lebih lebat

Tingginya kadar vitamin C dalam jeruk nipis ternyata juga dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut. Dengan rambut yang sehat, pertumbuhannya akan menjadi lebih lebat dan tidak mudah patah.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Rambut Lainnya

4. Mengatasi rambut patah

5. Menjaga kelembapan rambut

6. Mencegah rambut menjadi kering

7. Menguatkan akar rambut

8. Membuat rambut menjadi lebih berkilau

9. Melancarkan sirkulasi darah pada bagian kepala

10. Mencegah rambut bercabang

11. Mencegah timbulnya uban di usia dini

12. Memberikan nutrisi bagi kutikula

13. Mencegah munculnya kerak pada kulit kepala

14. Melindungi rambut dari paparan bahan kimia seperti shampoo dan berbagai jenis peawatan rambut lainnya

15. Membuat rambut lebih mudah diatur dan tidak gampang kusut

Manfaat Jeruk Nipis untuk Bibir

1. Membantu melembabkan bibir

2. Membantu agar bibir terlihar merah dan tampak segar

3. Membantu menjaga kekenyalan bibir

4. Melindungi bibir dari sisa-sisa bahan kimia yang berasal dari lipstick

5. Mencegah bibir mengalami pecah-pecah, akibat kering

Manfaat Jeruk Nipis untuk Diet

1. Membantu menurunkan berat badan

2. Membantu proses pembakaran lemak secara maksimal

3. Membantu menunda rasa lapar

55 Manfaat Jeruk Nipis untuk Pengobatan, Wajah, Rambut, Bibir dan Diet - Khasiat

4. Membantu proses detoksifikasi

5. Melancarkan pencernaan

6. Mencegah terjadinya sembelit

Efek Samping Jeruk Nipis

Dari sekian banyaknya manfaat jeruk nipis untuk pengobatan dan kecantikan, berikut beberapa efek samping yang diakibatkan konsumsi yang tidak tepat atau berlebihan:

1. Luka pada lapisan perut

2. Gastro Oesophageal Reflux Disease (GERD)

3. Mengakibatkan kerusakan pada gigi

4. Menimbulkan nyeri hebat pada tukak lambung

5. Dapat menyebabkan gangguan/masalah pada kehamilan

6. Timbulnya gangguan pada proses penyerapan zat besi

7. Mengakibatkan terjadinya gangguan asam sulfit

8. Memperberat kerja organ ginjal

9. Mual Berkepanjangan

10. Menimbulkan migrain atau vertigo

Baca Juga: 

Manfaat jeruk nipis tidak hanya bisa dirasakan ketika menggunakan perasan airnya saja. Merebus kulit daun jeruk nipis juga memiliki manfaat cukup penting, seperti membantu melancarkan pencernaan dan memberikan perlindungan menyeluruh pada rambut. Pohon jeruk nipis biasanya memiliki tinggi berkisar antara3-6 meter. Memiliki ciri khas seperti tumbuhnya cabang yang banyak dalam satu pohon, memiliki daun yang berbentuk lonjong, serta tangkai daunnya yang berukuran kecil.

Kandungan minyak atsiri yang terdapat pada seluruh bagian tanaman ini sangat berguna bagi kesehatan tubuh dan mampu memberikan efek nyaman saat menghirup aromanya. Tanaman ini juga sangat mudah untuk dikembang biakkan baik di dataran rendah, hingga pada ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut. Tanaman ini juga termasuk jenis yang “bandel”, artinya tidak membutuhkan perawatan yang rumit. Yuk, mulai mengembang biakkan tanaman ini dan rasakan manfaat jeruk nipis yang sudah tidak perlu diragukan lagi!

Begitulah pembahasan "55 Manfaat Jeruk Nipis untuk Pengobatan, Wajah, Rambut, Bibir dan Diet - Khasiat" terima kasih atas kunjungannya

artikel ini dikelompokkan ke dalam kategori

artikel ini bersumber dari https://www.khasiat.id/manfaat-jeruk-nipis/

Posting Komentar untuk "55 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Pengobatan, Wajah, Rambut, Bibir Dan Diet - Khasiat Jeruk Nipis Yang Sudah Tua Memiliki Rasa"