Manfaat Jeruk Nipis Untuk Wajah: Atasi Jerawat Hingga Penuaan Dini Jeruk Nipis Untuk Jerawat

Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah: Atasi Jerawat hingga Penuaan Dini

Hallo, selamat siang, artikel ini akan dibahas mengenai jeruk nipis untuk jerawat Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah: Atasi Jerawat hingga Penuaan Dini simak selengkapnya 

Selain berkhasiat untuk tubuh, ada banyak manfaat jeruk nipis untuk wajah yang bisa kamu dapatkan, lho.

Ya, jeruk nipis mengandung vitamin C dan senyawa yang mampu mengurangi berbagai masalah pada wajah. Mulai jerawat, komedo, kulit kusam, sampai penuaan dini.

Kesehatan wajah perlu diperhatikan karena ini adalah salah satu aset utama bagi kebanyakan orang, terutama wanita. Adanya jerawat atau bintik hitam bisa melunturkan rasa percaya diri, khususnya saat berada di depan banyak orang.

Yuk, cari tahu apa saja manfaat jeruk nipis untuk wajah berikut ini:

Mengencangkan pori-pori

Jeruk nipis bisa membantu mengencangkan atau mengecilkan pori-pori wajah. Ini menjadi penting, karena pori-pori yang terbuka lebar bisa memicu terjadinya berbagai masalah, seperti jerawat dan .

Pori-pori yang terbuka sangat rentan terhadap bakteri dan kotoran penyumbat. Oleh karena itu, memiliki pori-pori kecil dan kencang tentu menjadi impian kamu yang ingin terbebas dari berbagai masalah pada wajah tersebut.

Jeruk nipis sendiri memiliki kandungan senyawa yang bersifat astringen, berfungsi untuk menguatkan otot-otot wajah. Tidak heran jika ini menjadikannya sebagai komponen pada banyak produk kecantikan.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah: Atasi Jerawat hingga Penuaan Dini

Manfaat jeruk nipis untuk wajah berjerawat

Ada satu hal yang tak bisa dilepaskan dari kulit berminyak, yaitu jerawat. Tenang saja, perasan jeruk nipis bisa meredakan bahkan menghilangkan jerawat bersama bekasnya.

Perasan jeruk nipis memiliki sifat antibiotik yang dapat menghambat perkembangan bakteri pemicu jerawat. Jerawat sendiri bisa muncul saat adanya peradangan akibat bakteri tersebut. Akibatnya, spot kemerahan tak bisa dihindarkan.

Untuk mengatasi jerawat pada kulit, kamu bisa memadukannya dengan madu. Madu memiliki zat yang bisa menyetop pertumbuhan bahkan membunuh bakteri itu. Kombinasi madu dan jeruk nipis akan memaksimalkan proses mengatasi peradangan.

Jangan berhenti menggunakannya meski jerawat telah hilang. Perasan jeruk nipis bisa menghilangkan bekas jerawat sampai ke akarnya.

Baca juga:

Manfaat jeruk nipis untuk wajah berkomedo

Selain jerawat, jeruk nipis bisa digunakan untuk menghilangkan noda hitam di wajah, atau yang biasa dikenal dengan komedo. Bintik hitam di sekitar hidung bisa mengurangi rasa percaya diri saat tampil di depan publik.

Peras jeruk nipis pada kapas halus, lalu usapkan pada komedo atau bintik hitam. Biarkan selama tidak kurang dari 30 menit, lalu bersihkan. Lakukan secara rutin agar mendapatkan hasil terbaik.

Mencegah penuaan dini

Manfaat jeruk nipis untuk wajah berikutnya adalah mampu mencegah penuaan dini. Manusia memang tidak bisa menghindar dari bertambahnya usia, tapi tanda-tanda di wajah bisa diatasi dengan menggunakan jeruk nipis.

Penuaan pada wajah bisa berupa spot hitam, kerutan, dan garis halus di sekitar pipi. Semua itu bisa muncul karena zat melanin semakin peka terhadap perubahan kulit. Melanin sendiri adalah senyawa pigmen yang memiliki peran memberikan warna.

Seiring bertambahnya usia, fungsi sejumlah bagian tubuh juga berkurang. Dengan kata lain, produksi melanin pada kulit juga ikut terhambat. Akibatnya, muncul kerutan dan garis halus pada wajah.

Tenang saja, jeruk nipis bisa mencegah munculnya tanda-tanda penuaan tersebut. Ada dua alternatif yang bisa dicoba, yaitu menggosok kulit dengan jeruk nipis atau menjadikannya sebagai masker wajah.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah: Atasi Jerawat hingga Penuaan Dini

Mengangkat sel kulit mati

Senyawa asam nitrat pada jeruk nipis bisa mengangkat sel kulit mati. Zat tersebut akan membuat sel kulit mati terkelupas, dan memungkinkan kulit melakukan regenerasi.

Sel kulit mati sendiri adalah hal yang tidak boleh diremehkan. Jika dibiarkan menumpuk, ini bisa membuat kulitmu terlihat kusam. Hasilnya, kulit menjadi tidak bercahaya, terutama saat mendapatkan paparan UV berlebih ketika beraktivitas di luar ruangan.

Perasan jeruk nipis juga sudah umum digunakan di banyak salon sebagai salah satu komponen produk perawatan wajah.

Mencerahkan wajah

Dengan terangkatnya sel kulit mati, itu artinya kulit wajah akan terlihat semakin . Sel kulit mati yang terangkat mengurangi kekusaman pada kulit. Ini tidak lepas dari kandungan vitamin C pada jeruk nipis itu sendiri.

Dengan manfaatnya yang tidak perlu diragukan lagi, tak jarang produsen masker memasukkan buah sitrus ini sebagai kandungan utama.

Nah, itulah enam manfaat jeruk nipis untuk wajah yang bisa kamu dapatkan. Yang perlu diingat, kamu juga disarankan untuk tidak terlalu sering mendapat paparan sinar matahari secara langsung, agar khasiat dari jeruk nipis itu sendiri bisa didapatkan dengan maksimal. Selamat mencoba!

Jangan pernah ragu untuk konsultasikan masalah kesehatanmu bersama para dokter profesional di Good Doctor. Akses layanannya di aplikasi . Kini, semua informasi kesehatan ada di genggamanmu!

Sekian detil tentang Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah: Atasi Jerawat hingga Penuaan Dini semoga tulisan ini menambah wawasan terima kasih

Artikel ini diposting pada tag jeruk nipis untuk jerawat, jeruk nipis untuk jerawat review, jeruk nipis untuk jerawat punggung, , tanggal 19-09-2020, di kutip dari https://www.gooddoctor.co.id/tips-kesehatan/kulit/6-manfaat-jeruk-nipis-untuk-wajah-atasi-jerawat-hingga-penuaan-dini/

Posting Komentar untuk "Manfaat Jeruk Nipis Untuk Wajah: Atasi Jerawat Hingga Penuaan Dini Jeruk Nipis Untuk Jerawat"