Manfaat Dan Efek Samping Melinjo Bagi Kesehatan Manfaat Makan Melinjo

Manfaat dan efek samping Melinjo bagi kesehatan

Halo bersua lagi di situs Autoblog Kesehatan , pada pertemuan ini saya akan menjelaskan tentang "Manfaat dan efek samping Melinjo bagi kesehatan" secara gamblang, yuk simak sedetilnya ...

Manfaat dan efek samping Melinjo bagi kesehatan – Melinjo atau sering juga disebut belinjo merupakan tumbuhan tahunan berbiji terbuka, berbentuk pohon yang berumah dua (dioecious, yaitu ada jenis individu jantan dan betina). Sebutan untuk melinjo pada beberapa daerah di Indonesia seperti ki tangkil, mlinjo, sake, tangkil(Sunda); bagu, eso malinjo,trangkil, wit grintul(Jawa); mulieng(Aceh); manenjo(Belitung).

Tanaman yang bernama latin Gnetum gnemmon L ini bijinya tidak terbungkus daging tetapi terbungkus kulit luar. Batangnya kokoh dan dapat tumbuh tinggi dan lebat. Memiliki jenis daun tunggal yang berbentuk oval dengan ujung tumpul. Melinjo tidak menghasilkan bunga dan buah sejati karena bukan termasuk tumbuhan berbunga. Yang dianggap sebagai buah sebenarnya adalah biji yang terbungkus oleh selapis aril yang berdaging. Tanaman melinjo dapat tumbuh mencapai 100 tahun lebih dan setiap panen raya mampu menghasilkan melinjo sebanyak 80 – 100 Kg, Bila tidak dipangkas bisa mencapai ketinggian 25 m dari permukaan tanah.

Pada umumnya masyarakat memanfaatkan melinjo ini untuk berbagai macam makanan olahan. Daun melinjo muda dan kulit buah melinjo biasa dimanfaatkan sebagai sayuran, sementara buahnya biasa diolah menjadi emping yang dikenal dengan emping melinjo.

Manfaat dan efek samping Melinjo bagi kesehatan

Melinjo ini juga memiliki manfaat dalam pengobatan tradisional herbal. Diantaranya:

Melinjo untuk memperlacar air seni: Caranya Yaitu memanfaatkan kulit melinjo yang dikukus kemudian bisa dimakan langsung. Atau Bisa juga dimakan dengan terlebih dahulu diolah menjadi sayuran/campuran masakan sayur.

Melinjo untuk mengatasi anemia dan busung lapar: Caranya sama dengan diatas, yakni dikukus atau diolah sebagai sayuran.

Meskipun belum ada penelitian yang menyatakan secara terpublikasi, Melinjo juga dipercaya melancarkan proses persalinan. Dan daun melinjo juga bisa dipakai untuk mengobati sakit mata.

Efek samping melinjo bagi kesehatan

Walaupun melinjo memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan, nampaknya kita tak boleh sembarangan mengkonsumsinya. Terutama bagi sehingga kadar minyak yang terkandung bisa berefek tak baik bagi kesehatan.

Manfaat dan efek samping Melinjo bagi kesehatan

Begitulah pembahasan "Manfaat dan efek samping Melinjo bagi kesehatan" terima kasih atas kunjungannya

artikel ini dikelompokkan ke dalam kategori manfaat makan melinjo, manfaat makan melinjo mentah, manfaat makan emping melinjo,

artikel ini bersumber dari https://www.tipscaraterbaik.com/manfaat-dan-efek-samping-melinjo-bagi-kesehatan.html

Posting Komentar untuk "Manfaat Dan Efek Samping Melinjo Bagi Kesehatan Manfaat Makan Melinjo"