Kandungan Gizi Buah Labu Kuning Dan Manfaat Labu Kuning Manfaat Labu Kuning Untuk Kesehatan

Kandungan Gizi Buah Labu Kuning dan Manfaat Labu Kuning

Haii berjumpa kembali di website Autoblog Kesehatan , pada pertemuan ini saya akan membahas tentang "Kandungan Gizi Buah Labu Kuning dan Manfaat Labu Kuning" secara gamblang, yuk simak selengkapnya ...

Kandungan Gizi Buah Labu Kuning dan Manfaat Labu Kuning untuk Kesehatan

Kandungan Gizi Buah Labu Kuning dan Manfaat Labu Kuning untuk Kesehatan – Buah Labu Kuning atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Pumpkin adalah jenis buah yang termasuk dalam keluarga Labu-labuan (Cucurbitaceae) dan merupakan kelompok dari tumbuhan merambat. Buah yang berbentuk bulat dan berwarna orange (jingga) ini diyakini berasal dari benua Amerika dan telah banyak dibudidayakan di kawasan-kawasan yang beriklim hangat. Dalam bahasa Indonesia, buah Labu Kuning ini disebut juga dengan buah Waluh sedangkan sebutan ilmiahnya adalah Cucurbita.

Kandungan Gizi Buah Labu Kuning dan Manfaat Labu Kuning

Labu Kuning yang sering diolah menjadi berbagai makanan yang lezat ataupun dicampurkan ke segala jenis minuman ini juga sering dijadikan sebagai hiasan yang menyeramkan pada saat merayakan Hallowen. Selain lezat untuk dikonsumsi, Labu Kuning atau Waluh ini juga mengandung berbagai Vitamin dan Mineral yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Baca juga :

Kandungan Gizi Buah Labu Kuning (Pumpkin)

Berikut ini adalah kandungan gizi buah Labu Kuning atau buah Waluh.

Jenis Nutrisi / GiziKandunganAKG%
Kalori26 kcal
Karbohidrat6,5g
Air91,6g
Protein1g
Gula2,76g
Serat0,5g
Lemak0,1g
Vitamin A426 μg53%
Vitamin C9mg11%
Vitamin D0µg
Vitamin E0,443%
Vitamin K1,1µg1%
Vitamin B1 (Thiamine)0,05mg4%
Vitamin B2 (Riboflavin)0,11mg9%
Vitamin B3 (Niacin)0,6mg4%
Vitamin B5 (Panthothenic acid)0,298mg6%
Vitamin B9 (Folat)16µg4%
Kalsium21mg2%
Zat Besi0,8mg6%
Magnesium12mg3%
Fosfor44mg6%
Potassium (Kalium)340mg7%
Sodium1mg0%
Seng (Zinc)0,32mg3%

Manfaat Buah Labu Kuning (Pumpkin) bagi Kesehatan

Labu Kuning yang mengandung berbagai Vitamin dan Mineral ini merupakan makanan sehat yang lezat dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Manfaat Buah Labu Kuning ini diantaranya adalah menjaga kesehatan mata, menurun risiko penyakit kanker, menjaga kesehatan jantung, meningkatkan kualitas tidur, mengendalikan diabetes dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

1. Menjaga Kesehatan Mata

Buah Labu Kuning mengandung Vitamin A terutama Beta Karoten tinggi yang sangat bermanfaat untuk membantu meningkatkan kesehatan penglihatan yang optimal dan mengurangi risiko berbagai penyakit mata yang dikarenakan oleh faktor usia. Secangkir Labu Kuning dapat memenuhi 200% Vitamin A yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Kandungan Gizi Buah Labu Kuning dan Manfaat Labu Kuning

2. Menurunkan Risiko Penyakit Kanker

Pigmen yang dikenal sebagai Beta Karoten merupakan penyebab Buah Labu Kuning berwarna oren kekuningan. Beberapa penelitian menunjukan bahwa Beta Karoten adalah antioksidan yang dapat menurunkan resiko penyakit kanker terutama kanker prostat, kanker usus besar dan kanker paru-paru.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Buah yang disebut dengan Pumpkin dalam bahasa Inggris ini mengandung Serat, Vitamin dan Kalium (Potasium) yang dapat membantu melindungi jantung dari berbagai penyakit. Magnesium juga merupakan salah satu mineral yang sangat penting bagi kesehatan jantung karena dapat mencegah pembekuan dan penggumpalan darah dalam . Selain itu, beberapa penelitian juga menunjukan bahwa konsumsi biji buah labu kuning ini dapat menurunkan kadar kolesterol LDL yaitu kadar Kolesterol yang sering kita sebut sebagai kolesterol Jahat.

4. Meningkat kualitas tidur

Triptofan (tryptophan) yang dikandung oleh buah labu kuning dapat bertindak sebagai stimulan tidur. Triptofan menghasilkan serotonin yaitu neurotransmitter yang dapat menenangkan pikiran kita sehingga dapat  membantu kita menjadi santai dan akhirnya tertidur.

5. Mengendalikan Diabetes

Kandungan Magnesium yang tinggi pada Biji Labu Kuning dapat membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh kita. Dengan meningkatkan insulin dan mengurangi stres oksidatif di dalam tubuh, Labu Kuning dan bijinya ini dapat membantu mencegah diabetes tipe-2.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah Labu Kuning yang mengandung Vitamin A terutama Beta-Karoten dan Vitamin C tinggi merupakan kombinasi nutrisi yang sangat cocok untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Kombinasi nutrisi ini dapat membantu melawan penyakit menular dan infeksi.

Sumber referensi : Kandungan Gizi Buah Labu Kuning ini dikutip dari USDA (United States Department of Agriculture) Agricultural Research Service. Sedangkan Manfaat Buah Mangga bagi Kesehatan dirangkum dari berbagai sumber.

Begitulah pembahasan "Kandungan Gizi Buah Labu Kuning dan Manfaat Labu Kuning" terima kasih atas kunjungannya

artikel ini dikelompokkan ke dalam kategori manfaat labu kuning untuk kesehatan, manfaat labu kuning untuk kesehatan adalah, manfaat labu kuning untuk kesehatan tubuh,

artikel ini bersumber dari https://ilmupengetahuanumum.com/kandungan-gizi-buah-labu-kuning-manfaat-labu-kuning-untuk-kesehatan/

Posting Komentar untuk "Kandungan Gizi Buah Labu Kuning Dan Manfaat Labu Kuning Manfaat Labu Kuning Untuk Kesehatan"