Jeruk Nipis Dan Lemon Lemon Vs Jeruk Nipis Untuk Diet

Jeruk Nipis dan Lemon

Hallo, selamat siang, sesi kali ini akan membawa pembahasan mengenai lemon vs jeruk nipis untuk diet Jeruk Nipis dan Lemon simak selengkapnya 

Jeruk nipis dan lemon merupakan salah satu nama buah-buahan yang sagat familiar di telinga anda. kedua buah-buahan ini merupakan jenis tanaman jeruk yang sangat umum. Tidak sulit menemukan buah ini di Indonesia. Anda dapat menemukannya di pasar tradisional, supermarket, bahkan tetangga anda mungkin memiliki tanamannya di pekarangan rumahnya.

Jeruk NipisLemon
Bentukbundar kecillonjong berukuran sedang
WarnaHijau SegarKuning terang
Ukuran tanamanMencapai 13 meterMencapai 30 meter
RasaAsam cenderung pahitAsam cenderung manis
PenggunaanBumbu makanan untuk rasa asam dan minuman segarMinuman segar dan pemberi aroma makanan

Warna kulit

Perbedaan yang paling mencolok dari jeruk nipis dan lemon terletak pada warna kulitnya. Anda tidak perlu berkonsentrasi penuh untuk melihat perbedaan yang satu ini. anda dapat dengan mudah mengetahuinya dengan kasat mata. Jeruk nipis umumya memiliki warna hijau segar pada kulitnya. Sedangkan lemon memiliki warna kulit berupa kuning terang. Kedua warna ini dengan mudah dibedakan. Karena warna keduanya sangatlah berbeda. Tidak ada jeruk nipis yang memiliki warna kulit yang menyerupai lemon. Warna lemon yang berupa kuning cerah sangatlah khas. Tidak akan ada jeruk nipis yang pernah memiliki warna yang mendekati demikian.

Jeruk Nipis dan Lemon

Bentuk buah

Perbedaan fisik kedua dari buah ini adalah bentuknya. Buah-buahan memiliki bentuk yang berbeda satu sama lainnya. ada beberapa buah yang memiliki bentuk yang hampir sama. namun tetap saja sautu budah memiliki ciri fisik khusus yang membedakannya dari bentuk buah lainnya. demikian pula jeruk nipis dan lemon. Bentuk buah yang dimiliki jeruk nipis dan lemon sama sekali berbeda. Semua jeruk nipis berbentuk kecil dan bundar layaknya sebuah bola. Sedangkan jeruk lemon berbentuk cenderung lonjong dengan bagian ujung yang lebih maju. Dengan sekali lihat, anda dapat mengetahui perbedaan ini seketika. Anda pun dapat langsung membedakan manakah jeruk nipis dan manakah jeruk lemon.

Fisik tanaman

Hal yang membedakan sebuah buah adalah fisik tanamannya. Perbedaan fisk tanaman bisa dilihat baik dari macam akarnya, lebar batangnya, daunnya, maupun ketinggiannya. Demikian pula dalam hal jeruk nipis dan lemon. Fisik tanaman jeruk nipis dan jeruk lemon juga berbeda. Jika anda pernah melihat kedua tanaman ini, bandingkanlah. Terdapat perbedaan yang signifikan antara fisik tanaman jeruk nipis dan lemon dalam hal ketinggiannya. Tubuh tanaman lemon cenderung lebih tinggi daripada tanaman jeruk nipis. Tanaman jeruk lemon umumnya dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 30 meter. Sedangkan tanaman jeruk nipis hanya dapat mencapai ketinggian 13 meter saja. Perbedaan yang jauh bukan?

Asal tanaman

Tanaman lemon selain berbeda dalam segi tampilan buah dan tinggi tanamannya, ia ternyata juga berasal dari daerah yang berbeda dengan jeruk nipis. Penduduk Amerika dan Eropa sangat mengenal jeruk nipis dalam kehidupan sehari-harinya. namun bukan berarti jeruk nipis berasal dari sana. Diketahui bahwa jeruk nipis awalnya berasal dari kawasan Asia Tenggara. Karena kepopulerannya, orang-orang akhirnya membawa benihnya dan dan juga buahnya ke daerah lain hingga ke luar negeri. Jeruk nipis pun tersebar ke penjuru dunia. Sedangkan lemon berasal dari tempat yang cukup dekat dengan wilayah Eropa, yaitu Cina dan India. Karena jeruk lemon tidak berasal dari kawasan Indonesia, jeruk lemon memiliki harga yang lebih tinggi dari jeruk nipis di pasaran. Jika anda melihat ke pasar tradisional, jarang ada penjual buah yang menjual jeruk lemon. Jeruk lemon hanya dijual di pasar buah modern seperti di supermarket. Bila anda menemukan jeruk lemon di pasar tradisional, itu pun hanya di pasar buah tradisional di kota besar saja.

Rasa

Rasa merupakan hal yang mendasar bagi suatu buah. Suatu buah memiliki rasa yang sama sekali berbeda dengan yang lainnya. hal ini yang menjadikan buah merupakan bahan makanan alami yang unik. Begitu halnya dengan jeruk nipis dan lemon. Jangan pikir karena kedua buah ini sama-sama merupakan jenis buah-buahan jeruk maka rasanya pun sama. jeruk nipis dan lemon memiliki rasa yang sama sekali berbeda. Rasa jeruk lemon umumnya asam dengan sedikit rasa manis terselip di antaranya. Sedangkan jeruk nipis terkenal dengan rasa asam segarnya yang pekat. Hingga ada beberapa jeruk nipis yang memiliki rasa asam yang cenderung pahit. Kedua cita rasa buah yang berbeda bukan?

Penggunaannya

Menilik dari cita rasanya yang berbeda, penggunaan kedua buah ini juga jelas berbeda. Jeruk nipis memiliki cita rasa asam cenderung pahit. Ini menjadikan jeruk nipis cocok untuk digunakan sebagai pembawa rasa asam pada masakan. Banyak masakan khas Indonesia yang menjadikan jeruk nipis sebagai bumbu pelengkapnya. Hal ini wajar saja karena jeruk nipis memang berasal dari wilayah Asia Tenggara. Para leluhur bangsa Indonesia telah mengetahuinya sejak dulu. Mereka banyak menggunakannya dalam berbagai sajian masakan khas daerah mereka untuk mengeluarkan rasa asam dan segar masakan. Salah satu masakan Indonesia yang menggunakan jeruk nipis adalah soto.

Sedangkan jeruk lemon memiliki cita rasa yang berbeda. Rasa jeruk lemon yaitu asam cenderung manis. Ini membuat orang-orang menggunakannya untuk melengkapi rasa masakan manis. Jeruk lemon juga kerap dijadikan sebagai minuman yang segar. Aroma lemon yang segar juga digunakan untuk menyegarkan aroma ruangan.

Jeruk Nipis dan Lemon

Itulah perbedaan dari jeruk nipis dan jeruk lemon. Kedua buah ini memang merupakan jenis buah yang sama, yaitu jeruk. Tapi bukan berarti keduanya merupakan buah yang sama. jeruk nipis memiliki cita rasa tersendiri demikian pula jeruk lemon. Ada yang lebih menyukai rasa jeruk nipis ada pula yang lebih menyukai jeruk lemon.

Kesukaan ini bisa jadi karena faktor kebiasaan yang sering mengkonsumsi salah satu jenis jeruk sedari kecil. Wajar jika orang Indonesia lebih menyukai rasa jeruk nipis dibandingkan dengan rasa jeruk lemon. Hal ini karena jeruk nipis banyak ditemukan di Indonesia dan sudah menjadi bumbu masakan yang populer untuk masakan Indonesia. Beitu juga dengan orang Eropa. Jeruk lemon lebih terkenal di sana karena asalnya yang dari India dan Cina. Tidak heran jika makanan Eropa lebih bercita rasa lemon daripada jeruk nipis karena faktor tersebut.

Comments

comments

oke pembahasan mengenai Jeruk Nipis dan Lemon semoga tulisan ini menambah wawasan terima kasih

Artikel ini diposting pada label lemon vs jeruk nipis untuk diet, lebih ampuh lemon atau jeruk nipis untuk diet, lebih cepat lemon atau jeruk nipis untuk diet, , tanggal 28-09-2020, di kutip dari https://apaperbedaan.com/jeruk-nipis-dan-lemon/

Posting Komentar untuk "Jeruk Nipis Dan Lemon Lemon Vs Jeruk Nipis Untuk Diet"