Diabetes Melitus : Penyebab, Gejala, Komplikasi Dan Pengobatannya Penyebab Diabetes Melitus

Diabetes Melitus : Penyebab, Gejala, Komplikasi Dan Pengobatannya

Hola berjumpa kembali di situs autoblog Kesehatan , kali ini saya akan melakukan pembahasan mengenai "Diabetes Melitus : Penyebab, Gejala, Komplikasi Dan Pengobatannya" secara tuntas, yuk simak sedetilnya ...

Diabetes Melitus : Penyebab, Gejala, Komplikasi Dan Pengobatannya

Diabetes Melitus : Penyebab, Gejala, Komplikasi dan Pengobatannya – Apakah diabetes mellitus itu? Diabetes melitus adalah suatu kondisi yang menyebabkan tingkat gula darah seseorang terlalu tinggi. Ada dua jenis diabetes melitus, yaitu diabetes melitus tipe 1 dan diabetes melitus tipe 2.

Penyebab diabetes melitus:

Diabetes melitus tipe 1 adalah suatu kondisi yang terjadi ketika tubuh tidak memproduksi insulin sama sekali. Diabetes melitus tipe 2 terjadi ketika tubuh hanya memproduksi insulin dalam jumlah sedikit, atau sel tubuh tidak bereaksi terhadap insulin. Hal ini dikenal sebagai resistensi insulin. Diabetes melitus tipe 2 jauh lebih umum dari pada diabetes melitus tipe 1. Diabetes melitus tipe 2 biasanya mempengaruhi orang berusia di atas 40, meskipun pada beberapa orang-orang berusia muda juga bisa terjadi. Faktor keturunan juga mempunyai andil yang besar pada penderita diabetes melitus. Orang yang mempunyai riwayat diabetes melitus dalam keluarganya mempunyai kemungkinan terserang diabetes melitus enam kali lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang tidak mempunyai riwayat diabetes melitus dalam keluarganya.

Gejala diabetes melitus

Diabetes melitus dapat menyebabkan berbagai gejala. Anda harus mengunjungi dokter Anda secepat mungkin jika Anda melihat gejala ini. Gejala diabetes melitus secara umum adalah sebagai berikut:

Diabetes Melitus : Penyebab, Gejala, Komplikasi Dan Pengobatannya
  1. sering merasa haus
  2. sering buang air kecil, terutama pada malam hari
  3. mudah lelah
  4. menurunnya berat badan dan kehilangan massa otot

Gejala diabetes melitus yang lain adalah sebagai berikut:

  1. gatal-gatal di sekitar organ intim.
  2. sariawan
  3. penglihatan kabur yang karena lensa mata menjadi sangat kering
  4. kram
  5. sembelit
  6. infeksi kulit

Diabetes Melitus : Penyebab, Gejala, Komplikasi dan Pengobatannya

Diabetes Melitus : Penyebab, Gejala, Komplikasi dan Pengobatannya (Ilustrasi)

Komplikasi Diabetes melitus

Jika tidak ditangani dengan baik, diabetes melitus dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan. Kadar gula yang terlalu tinggi dapat merusak pembuluh darah, saraf dan organ tubuh. Bahkan tingkat gula darah yang tidak terlalu tinggi yang tidak menimbulkan gejala apapun kadang-kadang memiliki efek merusak dalam jangka panjang.

Pengobatan Diabetes melitus

Diabetes melitus harus didiagnosa sedini mungkin. Pengobatan diabetes melitus yang bertujuan untuk menjaga kadar glukosa darah agar menjadi normal harus dilakukan dengan tujuan untuk mengontrol gejala diabetes melitus dan meminimalkan masalah kesehatan yang berkembang dikemudian hari.

Jika Anda didiagnosis memilki diabetes melitus, Anda harus berkonsultasi secara rutin dengan dokter untuk pengobatan diabetes melitus. Perubahan pola hidup yang lebih sehat juga sangat diperlukan, misalnya dengan makan makanan sehat yang sesuai dengan menu diabetes melitus, berhenti merokok, dan berolah raga secara teratur untuk menghindari berlebihnya kalori dalam tubuh.

Namun, diabetes melitus tipe 2 adalah kondisi progresif, Anda akhirnya mungkin perlu obat untuk menjaga kadar glukosa darah tetap berada pada tingkat normal. Dokter akan memberikan bentuk tablet yang harus Anda konsumsi setiap hari, dan untuk kondisi khusus, dokter akan memberikan terapi suntik insulin.

Jika Anda adalah penderita diabetes melitus, sangat disarankan untuk menjaga kesehatan Anda dengan hati-hati. Merawat kesehatan tubuh juga akan membuat pengobatan diabetes melitus lebih mudah dan akan mengurangi risiko terkena komplikasi diabetes melitus.

Demikianlah

Begitulah pembahasan "Diabetes Melitus : Penyebab, Gejala, Komplikasi Dan Pengobatannya" terima kasih atas kunjungannya

postingan ini dikelompokkan ke dalam kategori penyebab diabetes melitus, penyebab diabetes melitus brainly,

postingan ini bersumber dari https://www.infosehatkeluarga.com/diabetes-melitus-penyebab-gejala-komplikasi-dan-pengobatannya/

Posting Komentar untuk "Diabetes Melitus : Penyebab, Gejala, Komplikasi Dan Pengobatannya Penyebab Diabetes Melitus"