Ciri-Ciri Diabetes Insipidus - Jenis - Gejala - Penyebab - Halodiabetes.com Ciri Ciri Diabetes Melitus

Ciri-Ciri Diabetes Insipidus - Jenis - Gejala - Penyebab - Halodiabetes.com

Halo bertemu kembali di situs autoblog Kesehatan , pada kesempatan kali ini saya akan memberikan penjelasan tentang "Ciri-Ciri Diabetes Insipidus - Jenis - Gejala - Penyebab - Halodiabetes.com" secara gamblang, yuk simak selengkapnya ...

Ciri-Ciri Diabetes Insipidus - Jenis - Gejala - Penyebab - Halodiabetes.com

Sponsors Link

Penyakit diabetes telah umum dikenal oleh masyarakat. Dari seluruh penyakit diabetes yang ada, ada satu jenis diabetes yang masih belum banyak diketahui orang banyak, yaitu diabetes insipidus. Diabetes insipidus adalah jenis penyakit diabetes yang tergolong langka. Seorang penderita diabetes insipidus akan mengalami gejala mudah merasa haus dan membuang air kecil dalam jumlah yang cukup banyak. Tidak seperti jenis diabetes yang lain, penyakit diabetes insipidus ditentukan oleh kadar gula dalam darah.

Karena masih langka, tidak banyak orang menyadari bahwa diri mereka terserang penyakit diabetes insipidus. Untuk lebih mengenalnya, ada beberapa ciri-ciri diabetes insipidus yang bisa kita ketahui. Berikut ciri-ciri penyakit diabetes insipidus dilihat dari jenis, gejala dan penyebabnya.

Jenis Diabetes Insipidus

Ciri-Ciri Diabetes Insipidus - Jenis - Gejala - Penyebab - Halodiabetes.com

Diabetes insipidus memiliki beberapa jenis, diantaranya adalah:

  • Diabetes Insipidus Kranial

Diabetes insipidus kranial dikenal juga dengan sebutan Central Diabetes Insipidus (CDI). Diabets insipidus jenis ini paling umum terjadi, disebabkan oleh penggantian atau kurangnya hormon antidiuretik dari kelenjar hipotalamus. Kelenjar hipotalamus mengalami kerusakan dan kadar ADH dalam tubuh pun berkurang. Akibatnya, tubuh akan semakin sedikit memproduksi urin.

  • Diabetes Insipidus Nefrogenik

Diabetes insipidus jenis ini diakibatkan oleh ketidakmampuan ginjal untuk menampung hormon antidiuretik dan mengatur produksi urin. Bagian ginjal yang mengalami gangguan adalah tubulus ginjal, yaitu struktur pengeluaran dan pemasukan air pada ginjal. Biasanya, diabetes insipidus nefrogenik terjadi karena ginjal mengalami kerusakan yang diakibatkan oleh konsumsi obat-obatan pada riwayat kesehatan yang sebelumnya.

  • Diabetes Insipidus Dipsogenik

Diabetes Insipidus Dipsogenik juga dikenal dengan nama lain polipdisia primer. Penyebab utama diabetes insipidus jenis ini adalah konsumsi cairan atau air yang berlebihan dan menimbulkan kerusakan pada ginjal. Mekanisme pengatur rasa haus pada hipotalamus mengalami kekacauan. Selain karena konsumsi cairan yang terlalu banyak, hal ini juga bisa disebabkan oleh gangguan penyakit mental.

  • Diabetes Insipidus Gestasional

Diabetes insipidus gestasional hanya menyerang wanita hamil. Ketika sedang dalam proses kehamilan, ADH di dalam tubuh wanita hamil hancur karena enzim yang diproduksi ketika hamil. Namun, wanita hamil yang mengalami diabetes ini tidak perlu khawatir, karena umumnya penyakit ini hanya akan menyerang pada masa kehamilan saja. .

Demikian informasi mengenai ciri-ciri diabetes insipidus beserta cara mencegahnya. Jaga selalu kesehatan Anda agar terhindar dari segala macam penyakit. Semoga artikel ini bermanfaat.

Begitulah pembahasan "Ciri-Ciri Diabetes Insipidus - Jenis - Gejala - Penyebab - Halodiabetes.com" terima kasih atas kunjungannya

artikel ini dikelompokkan ke dalam kategori ciri ciri diabetes melitus, ciri ciri diabetes melitus pdf,

artikel ini bersumber dari https://halodiabetes.com/ciri-ciri-diabetes-insipidus

Posting Komentar untuk "Ciri-Ciri Diabetes Insipidus - Jenis - Gejala - Penyebab - Halodiabetes.com Ciri Ciri Diabetes Melitus"