Cara Menanam Biji Jeruk Nipis Di Pot Agar Cepat Tumbuh Jeruk Nipis Obat Mata Kambing

Cara Menanam Biji Jeruk Nipis di Pot Agar Cepat Tumbuh

Hallo, selamat siang, di kesempatan akan membawakan mengenai jeruk nipis obat mata kambing Cara Menanam Biji Jeruk Nipis di Pot Agar Cepat Tumbuh simak selengkapnya 

Cara Menanam Biji Jeruk Nipis di Pot Agar Cepat Tumbuh

Siapa tak mengenal jeruk nipis? Buah dengan berjuta manfaat ini bisa dijadikan sebagai bumbu masakan sekaligus obat herbal. Jeruk nipis sangat ampuh menghilangkan bau amis. Rasanya yang asam dan segar juga membuat jeruk nipis sering kali ditemukan dalam aneka olahan minuman. Sebagai obat, jeruk nipis biasanya dijadikan sebagai obat batuk. Cukup mencampurkan air jeruk nipis dengan kecap, maka batuk pun hilang seketika. Tidak hanya itu saja, jeruk nipis juga dapat dimanfaatkan sebagai pembersih alami. Anda bisa akan memberikan panduan bagaimana menanam biji jeruk nipis yang benar. Yap, kita akan memperbanyak tanaman jeruk nipis memakai bijinya. Daripada Anda membuang biji-biji tersebut, alangkah baiknya Anda mencoba menanamnya di dalam pot. Jika biji tersebut berhasil tumbuh menjadi tanaman kan lumayan banget? Anda dapat memetik buah jeruk nipis sepuas-puasnya secara gratis. Tidak hanya untuk digunakan sendiri. Contohnya kalau ada tamu yang datang berkunjung pun, Anda bisa membuatkan minuman es jeruk nipis atau wedang jeruk nipis hangat untuknya.

Cara Menanam Biji Jeruk Nipis di Pot Agar Cepat Tumbuh

Alat dan Bahan :

  • Buah jeruk nipis matang
  • Pot dengan kedalaman minimal 30 cm
  • Tanah kebun
  • Pupuk kandang
  • Sekam bakar
  • Pecahan genteng
  • Bawang merah
  • Lilin
  • Gunting
  • Pisau

Langkah-langkah :

  1. Di sini Anda harus menggunakan buah jeruk nipis yang sudah matang ataupun buah yang jatuh sendiri dari pohonnya. Buah jeruk nipis di pasar biasanya masih terlalu muda sehingga peluang hidupnya cukup rendah.
  2. Belah buah jeruk nipis menjadi dua bagian menggunakan pisau yang steril. Hati-hati agar jangan sampai bijinya terluka akibat terkena mata pisau tersebut. Setelah itu, cucilah biji jeruk nipis ini dengan air sampai bersih.
  3. Simpanlah biji jeruk nipis tersebut di tempat yang sejuk dan kering. Biarkan biji diangin-anginkan selama 2-3 jam untuk membersihkan lapisan lendir yang menempel di permukaannya. Setelah itu, rendamlah biji di cairan bawang merah.
  4. Sembari menunggu biji jeruk nipis sampai siap disemai, Anda dapat membuat media tanam dari campuran tanah dan pupuk kandang. Aduklah sampai tercampur rata sambil sesekali hancurkan bongkahan tanahnya agar menjadi gembur.
  5. Setelah media tanam ini sudah siap digunakan, isikan media tanam tersebut ke dalam pot cukup setengahnya saja. Jangan lupa berikan alas berupa pecahan genteng agar media tanam tersebut tidak mudah hanyut.
  6. Masukkan sekam bakar tepat di atas media taman tadi dengan ketebalan 3-5 cm. Biarkan kedua media tanam tersebut tetap terpisah dan tidak perlu dicampur. Sekam bakar ini berguna untuk menjaga kelembaban media tanam.
  7. Selanjutnya masukkan kembali campuran tanah serta pupuk kompos di lapisan teratas. Biarkan strukturnya tetap gembur dan jangan dipadatkan ya. Anda bisa mengisi pot sampai penuh. Lalu biarkan pot ini selama 2-3 hari.
  8. Setelah 3 hari berlalu, Anda dapat mulai membenihkan biji jeruk nipis di dalam pot. Tujuan kita mendiamkan pot selama 3 hari adalah supaya kondisi media tanamnya menjadi normal kembali. Sehingga biji bisa tumbuh di atasnya.
  9. Kita mulai menanam biji jeruk nipis. Buatlah lubang tanam dengan kedalaman 3-5 cm. Kemudian masukkan biji jeruk nipis ke dalam lubang tadi. Setiap pot bisa diisi dengan 2-3 biji. Tapi nantinya Anda cukup mempertahankan 1 tanaman per pot.
  10. Selama proses penyemaian berlangsung, pot sebaiknya diletakkan di tempat yang mendapatkan sinar matahari cukup dan terlindung dari curah hujan agar biji tumbuh optimal. Misalnya di teras depan, teras belakang, atau pinggir jendela.
  11. Setelah berumur 3-5 bulan dengan tinggi mencapai 25 cm, pot tersebut bisa Anda pindahkan ke tempat yang lebih terbuka. Anda bahkan bisa menaruhnya di taman. Tanaman jeruk nipis juga sangat cocok di taman minimalis.
  12. Perawatan pohon jeruk nipis cukup dilakukan dengan menyiramnya secara rutin sehari sekali saja atau tergantung kondisi tanah di pot tersebut. Penyiraman yang terlalu sering justru akan menyebabkan tanaman membusuk.
  13. Jangan lupa lakukan juga pemangkasan secara berkala, terutama pada cabang-cabang yang tak sehat atau sakit. Selanjutnya bekas pemotongan tersebut dapat ditutup dengan cairan lilin agar tidak menjadi sumber masuknya penyakit.
  14. Anda juga wajib melakukan pemupukan ulang secara berkala terhadap tanaman tersebut. Anda dapat memberikan pupuk kandang kepada tanaman ini agar tumbuh subur. Pupuk kandang dari kohe kambing sangat bagus untuk jeruk nipis.
  15. Pada usia 2-3 tahun, tanaman jeruk nipis yang ditanam dari biji ini biasanya sudah belajar untuk menghasilkan buah. Anda dapat memetik buah tersebut memakai gunting supaya tidak melukai tanaman. Silakan Anda bisa menikmatinya bersama keluarga tercinta.

oke detil tentang Cara Menanam Biji Jeruk Nipis di Pot Agar Cepat Tumbuh semoga tulisan ini menambah wawasan salam

Artikel ini diposting pada tag , tanggal 22-09-2020, di kutip dari https://arafuru.com/lifestyle/cara-menanam-jeruk-nipis-di-pot-dari-biji.html

Posting Komentar untuk "Cara Menanam Biji Jeruk Nipis Di Pot Agar Cepat Tumbuh Jeruk Nipis Obat Mata Kambing"