Budidaya Labu Kuning Buah Labu

Budidaya Labu Kuning

Haii bertemu lagi di website Autoblog Kesehatan , pada kesempatan kali ini saya akan melakukan pembahasan mengenai "Budidaya Labu Kuning" dengan jelas, mari simak sedetilnya ...

Tanaman Labu kuning atau yang biasa dikenal dengan sebutan waluh mempunyai nama latin Cucurbinata Durch Merupakan buah dari tanaman menjalar dari keluarga labu-labuan atau Curcurbitaceae.

Tanaman labu kuning juga memiliki daya adaptasi yang sangat tinggi dan tidak memerlukan perawatan khusus. Adaptasi mulai dari dataran rendah sampai tadaran tinggi diatas 1500 dpl, mampu hidup di daerah tropis dan sub tropis bisa hidup di kondisi tanah yang kering dan sejuk serta curah hujan dan suhu yang ekstrim . pH tanah 5,5 – 6,5 dan bisa hidup di semua jenis tanah.  Penyakit yang sering menyerang tanaman labu adalah penyakit krapak/downy mildew serta bunga mudah rontok.

PENGOLAHAN LAHAN.

  • Penyiapan lahan /pengolahan tanah

Pengolahan tanah untuk tanaman labu hampir sama seperti menanam semangka pengolahan tanah dilakukan pada tempat yang akan ditanami ( dibuat bedengan). Jarak tanam 0,7 x 5 m. Tanaman labu akan lebih maksimal apabila menggunakan mulsa plastic

Pengolahan tanah dilakukan sekitar 14 hari sebelum tanam dengan cara dibalik/dicangkul sedalam 30 – 35 cm, tanah dibalik bertujuan untuk sirkulasi udara lancar dan gas-gas  beracun dari tanah menguap/hilang. Pembuatan bedengan /guludan lebar 100cm, tinggi 20-30 cm jarak antar  bedengan 30 -40 cm.

Kebutuhan pupuk kandang adalah : 10 – 20 ton / Ha atau langsung taruh di lubang tanam 1-1,5 kg /lubang.

Budidaya Labu Kuning
  • Penyiapan benih dan pembibitan

Benih labu dapat ditanam langsung atau disemaikan untuk mendapat pertumbuhan yang seragam  apabila benih disemai maka sekitar 12 – 15 hss baru dipindahkan ke lahan.

TEHNIK PERSEMAIAN

 Adalah campuran tanah dan pupuk kandang dengan  perbandingan 1 : 1 campur merata dan masukan dalam polybag. Benih labu direndam dengan air hangat kuku selama 30 – 45 menit  kemudian diperam dalam kain/kertas Koran basah selama 24 jam setelah berkecambah baru benih dimasukan kedalam polybag  dan diberi naugan plastic / sungkup  agar tidak kena sinar matahari dan terpaan air hujan sampai bibit berdaun 3-4 helai baru dipindahkan ke lahan.

  • Pemeliharaan tanaman
  1. a. Penyulaman

Penyulaman dapat dilakukan apabila ada tanaman yang mati atau pertumbuhannya lambat /terganggu.

  1. Pengairan

Tanaman labu termasuk tanaman yang mampu bertahan terhadap kondisi  kering , namun demikian tetap memerlukan pasokan air yang cukup. Pemberian air diutamankan pada fase awal  (pertumbuhan Vegetatif) sampai umur 15 – 20 hst. Selanjutnya pemberian air dilakukan untuk menjaga kelembaban tanah .

  1. c. Penyiangan

Penyiangan gulma dilakukan untuk sanitasi lingkungan supaya kondisi lingkungan tidak lembab, serta mengurangi kompetisi unsure hara. Selain itu penyiangan juga membantu menekan perkembangan penyakit. Penyiangan dilakukan pada saat tanaman labu berumur 2-4 minggu setelah tanam.

  1. Pemupukan susulan

Pemupukan susulan dianjurkan untuk meningkatkan suplai unsure harabagi tanaman, terutama pada saat menjelang fase generative

  1. e. Pemangkasan / Perempelan

Perempelan bertujuan untuk membuang tunas yang tidak produktif , daun yang tua untuk merangsang pembungaan apabila tanaman terlalu subur . buang cabang pada ruas pertama sampai kelima biarkan 3-4 cabang pokok.

  1. Pengendalian Hama dan Penyakit Pengendalian hama dan penyakit desesuaikan dengan kondisi hama penyakit yang menyerang. Hama dam penyakit yang sering mengganggu tanaman labu antara lain:
  • Oteng-oteng
  • Lalat buah
  • Ulat grayak
  • Busuk daun
  • Busuk tepung
  • Antracnose
  • Bercak daun Virus cucumber Mozaik
  • layu

WAKTU PANEN

Budidaya Labu Kuning

Permintaan Pasar /Konsumen lebih menyukai pujuk dan buah yang masih muda untuk sayur sekitar 75 hst dan ada juga yang menyukai labu yang sudah tua untuk olahan seperti kue, stik labu, tar labu, dodol, keripik.  itu dapat dipanen pada umur 95 – 120 hst.

Harga labu disesuaikan dengan bobot  atau kisaran buah yang termasuk kategori A 2,3 kg/buah, B 1,5-2 kg /buah. Buah labu bisa disimpan 8-10 bulan.harga biasanya fluktuasi  berkisar 3003-5000/buah untuk yang muda 15.000- 20.000 /buah untuk buah yang sudah tua.

Penulis : DINA D. AFI, SP

Begitulah pembahasan "Budidaya Labu Kuning" terima kasih atas kunjungannya

postingan ini dikelompokkan ke dalam kategori buah labu, buah labu putih, buah labu kayu,

postingan ini bersumber dari http://cybex.pertanian.go.id/mobile/artikel/87727/Budidaya-Labu-Kuning/

Posting Komentar untuk "Budidaya Labu Kuning Buah Labu"