27 Manfaat Melinjo : Kandungan Dan Efek Sampingnya Kandungan Dan Manfaat Kulit Melinjo

27 Manfaat Melinjo : Kandungan dan Efek Sampingnya

Hola bertemu lagi di website Autoblog Kesehatan , kali ini saya akan memberikan penjelasan tentang "27 Manfaat Melinjo : Kandungan dan Efek Sampingnya" secara tuntas, yuk simak sedetilnya ...

Tanaman melinjo adalah salah satu tanaman yang berasal dari Asia tenggara seperti Indonesia. Tanaman ini bisa juga di tanam di pekarangan rumah tanpa harus di budidayakan di sebuah lahan.

Manfaat Melinjo Kandungan dan Efek Sampingnya
Manfaat Melinjo Kandungan dan Efek Sampingnya

berasal dari keluarga gymnosperma, emping melinjo telah lama menjadi kosumsi masyarakat indonesia diamana dianggap sebagai penyebab timbulnya penyakit asam urat hal ini disebabkan karena terdapat senyawa purin didalamnya.

namun siapa sangka dibalik itu semuanya terkandung Manfaat melinjo yang luar biasadan bisa dimanfaatkan dalam kesehatan.

Kandungan Melinjo

Berikut ini beberapa kandungan melinjo  :

  1. Purin
  2. Antioksidan
  3. Kalsium
  4. Kalori
  5. Karbohidrat
  6. Zat besi
  7. Fosfor
  8. Vitamin A
  9. Vitamin B
  10. Vitamin C
  11. Kadar air
  12. Protein
  13. Lemak

Manfaat Melinjo

Banyak sekali manfaat melinjo bukan hanya untuk kesehatan namun juga untuk yang lainnya. Berikut ini beberapa manfaat melinjo yang bisa kami urai dalam kesempatan kali ini :

1. Daun dimanfaatkan sebagai sayuran

Seperti yang saya jelaskan di atas bahwa salah satu manfaat tanaman melinjo adalah sebagai bahan sayuran.

Daun yang biasa di sebut dengan nama daun So ini banyak sekali dimanfaatkan masyarakat Indonesia untuk pembuatan sayur seperti sayur asam dan gulai, rasanya juga memiliki ciri kasa yang nikmat dan sedap seperti kemangi.

2. Biji dimanfaatkan sebagai bahan dasar emping

Manfaat yang di berikan tanaman melinjo dari si bijinya adalah sebagai bahan dasar pembuatan emping melinjo.

Emping melinjo ini bisa dikatakan sudah familia di kalangan masyarakat, sampai – sampai mereka memanfaatkan sebagai lauk atau teman makan nasi duduk dan gado-gado, walaupun banyak juga yang memanfaatkannya sebagai camilan sehari – hari.

Emping melinjo ini memang dikenal memiliki cita rasa yang sangat khas, yaitu rasa pahit dan gurih karena telah tercampur oleh garam saat pembuatannya.

Bisanya pembuatannya biji melinjo sendiri awalnya di rebus hingga matang baru di bersihkan kulitnya baru ditumbuk hingga tipis baru kemudian di jemur hingga kering dan langsung di goreng, jika tidak ingin di rebus bisa di bakar bijinya.

Namun, banyak yang bilang kalau terlalu banyak memakan emping ini akan menyebabkan terserang asam urat akibat puri berlebih yang di kandungnya.

3. Mencegah Penyakit Jantung

Perlu diketahui bahwa Penyakit jantung adalah penyakit yang menyebabkan kemating tertinggi di dunia. Penyakit ini tidak mudah terdeteksi karena gejala yang ditimbulkan secara mendadak dan gejala ringan yang tidak mudah terlihat.

27 Manfaat Melinjo : Kandungan dan Efek Sampingnya

Untuk mengatasi penyakit ini salah satunya yakni dengan mengkonsumsi melinjo secara teratur karena bisa mengurangi resiko penyakit jantung. Hal ini dikarenakan melinjo mengandung antioksidan dan flavonoid yang berguna untuk menjaga kesehatan jantung

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kekebalan tubuh dapat ditingkatkan dengan memakan si buah melinjo, apalagi kandungan antioksidannya tersebut dapat membantu mencegah terhadap radikal bebas yang menyerang tubuh dan juga meningkatkan imunitas tubuh atau daya tahan tubuh.

5. Mengatasi Hipertensi

Melinjo memiliki bahan antioksidan yang baik untuk mencegah penyakit tekanan darah tinggi. Penyakit ini dapat menyebabkan beragam jenis penyakit komplikasi misal penyakit stroke dan jantung.

Protein khusus yterdapat pada melinjo yang dapat mengatasi masalah tekanan darah tinggi. Tetapi perlu diperhatikan bahwa jangan terlalu banyak memakan melinjo karena efeknya juga lumayan mengerikan.

6. Mencegah penuaan dini

Penuaan pasti akan terjadi, tapi agak tidak nyaman jika penuaan terjadi sejak dini, akibatnya kulit menjadi tidak elastis lagi, terdapat bintik – bintik hitam dan kulit juga semakin keriput keadaannya, biasanya disebabkan oleh radikal bebas.

Maka dengan mengonsumsi buah melinjo secara teratur dapat menangkal radikal bebas penyebab penuaan dini karena kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya.

7. Meningkatkan Stamina

Selain dijadikan makanan ringan oleh masyarakat indonesia ternyata melinjo juga bisa meningkatkan stamina bagi yang memakannya.

Melinjo bisa dibuat menjadi berbagai makanan ringan dengan pembuatan yang cukup mudah dan cepat. makanan yang berasal dari melinjo bukan hanya bisa mengenyangkan tetapi juga mampu membuat tubuh menjadi lebih semangat dalam menjalankan kehidupan dan kegiatan sehari hari.

Ketika seseorang sedang tidak bersemangat, pastikan mencoba makanan berasal dari melinjo contohnya emping maka akan bugar kembali.

8. Memperkuat daya ingat

Jika anda termasuk seseorang yang sering lupa atau daya ingat rendah, sebaiknya memakan si melinjo, karena tanaman melinjo termasuk ke dalam jenis tanaman ginko yang bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat. Mengonsumsi buah melinjo menjadikan sel – sel dalam dalam otak dan darah tumbuh.

9. Mengobati Luka

Jika seseorang terkena yang disebabkan karena gigitan anjing atau terluka karena terjatuh maka bisa diobati dengan daun tanaman melinjo.

Caranya yakni dengan menumbuk daun melinjo yang telah diberikan tambahan bawang putih. Kemudian tempelkan hasil tumbukan tadi ke luka. Diamkan beberapa saat lalu bersihkan atau bilas dengan menggunakan air bersih.

Dengan demikian Luka yang dialami akan mudah kering hal ini disebabkan daun melinjo mengandung bahan antioksidan alami.

10. Mencegah anemia

Salah satu kandungan si melinjo adalah zat besi, yang mana zat besi ini sangat di butuhkan oleh seseorang yang mengalami anemia, biasanya di tandai dengan pusing, tidak semangat dan lemas. Maka di sarankan jika seseorang mengalami anemia untuk mengonsumsi buah melinjo.

11. Menjadi Bahan Pengawet Alami

Perlu diketahui bahwa bila melinjo diekstrak maka hasil ekstrak tersebut banyak mengandung flavonoid dan juga antioksidan alami.

Bahan tersebut dapat dijadikan sebagai pengawet alami yang sangat berkualit tentunya untuk mengawetkan makanan.

27 Manfaat Melinjo : Kandungan dan Efek Sampingnya

Melinjo dengan bahan bahan diatas dapat menurunkan perkembangan yang menjadi sebab utama makanan menjadi cepat busuk yakni perkembangan bakteri dan juga jamur.

Bahkan olahan makanan yang berbahan melinjo tidak membutuhkan pengawat lagi karena memiliki bahan yang bisa menjaga kualitas makanan itu sendiri.

12 Melancarkan Urin

Urin adalah kotoran dalam bentuk cair yang harus dikeluarkan oleh tubuh manusia, bila hal ini terhambat maka menjadi salah satu sumber penyakit untuk tubuh kita.

Ketika urin kita tersumbat atau tidak lancar maka dipastikan bahwa sistem kemih bisa menghadapi masalah. Banyak yang menyebabkan hal tersebut seperti bakteri dan sistem kemih yang memangada gangguan.

Untuk bisa mengatasi gangguan tersebut yang perlu dilakukan adalah dengan mengkonsumsi buah melinjo. Namun ketika cara tersebut gagal cobalah menggunakan uap dari buah melinjo yang telah dilakukan pengrebusan.

Efek Samping Melinjo

Melinjo memiliki nama latin sebagai gnetum gnemon linn. Melinjo banyak sekali mengandung purin, sejenis protein yang juga bisa didapatkan dan ditemukan di tubuh manusia dan juga hewan. Lalu apa efek sampingnya bila dikosumsi oleh manusia.

1. Menyebabkan Asam Urat

Purin yang kita kosumsi akan dimetabolisme oleh tubuh menjadi asam urat.  Bilakandungan purin yang diterima tubuh normal maka asam urat diproses oleh ginjal ginjal dan kemudian dikeluarkan dari tubuh saat kita melakukan buang air kecil.

namun yang menjadi masalah bila kita mengkosumsi melinjo secara berlebihan karena kandungan purin bisa dikatakan tinggi pada melinjo. Sehingga kandungan purin sangat tinggi di tubuh dan membuatnya mengendap yang pada akhirnya memicu datangnya penyakit.

2. Menyebabkan Arthritis gout

Penyakit akan bermunculan apabila purin didalam tubuh meningkat salah satunya adalah  arthritis gout. Penyakit yang satu ini memiliki gejala berupa pembengkakan, kemerahan, dan rasa nyeri yang terjadi pada persendian.

Biasanya yang diserang adalah jari tangan, jari kaki, lutut, hingga engkel atau pergelangan kaki. Apabila penyakit ini tidak segera diatasi atau diobati maka akan menyebabkan komplikasi, Contohnya kerusakan pada persendian yang terjadi secara  permanen dan penyakit lainnya.

Bagaimana? Nah itulah penjelasan kita dalam kesempatan kali ini mengenai Manfaat Melinjo : Kandungan dan Efek Sampingnya. Semoga bermanfaat.

Begitulah pembahasan "27 Manfaat Melinjo : Kandungan dan Efek Sampingnya" terima kasih atas kunjungannya

artikel ini dikelompokkan ke dalam kategori kandungan dan manfaat kulit melinjo, kandungan dan manfaat kulit melinjo brainly, jelaskan kandungan dan manfaat kulit melinjo,

artikel ini bersumber dari https://agrotek.id/manfaat-melinjo/

Posting Komentar untuk "27 Manfaat Melinjo : Kandungan Dan Efek Sampingnya Kandungan Dan Manfaat Kulit Melinjo"