23 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan (No. 19 Tak Disangka) Jeruk Nipis Peras

23 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan (No. 19 Tak Disangka)

Allow, selamat pagi, di kesempatan akan menjelaskan tentang jeruk nipis peras 23 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan (No. 19 Tak Disangka) simak selengkapnya 

Manfaat jeruk nipis bagi kesehatan ada banyak dan jarang diketahui. Jeruk nipis (Citrus aurantifolia) telah dikenal sejak lama sebagai tanaman yang kaya khasiat. Selain digunakan untuk bahan pangan, buah yang satu ini dapat digunakan sebagai alternatif pengobatan untuk segala macam penyakit.

23 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan (No. 19 Tak Disangka)

Khasiat & Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan

Menurut dr. Setiawan Dalimartha dari Hiptri (Himpunan Pengobatan Tradisional dan Akupuntur Indonesia) dan Sarah Kriswanti seorang Herbalis, terdapat berbagai manfaat jeruk nipis untuk membantu menyembuhkan penyakit, di antaranya:

1. Ambeien

Banyak orang mengira bahwa manfaat jeruk nipis hanya terdapat daging buahnya saja, padahal akarnya juga menyimpan manfaat. Caranya, ambil akar jeruk nipis sekitar 10 gram, lalu direbus dengan air 1 liter selama 30 menit. Saring airnya lalu langsung diminum hangat 3 kali sehari. Cara ini dipercaya mampu mengatasi ambeien.

2. Amandel

Manfaat jeruk nipis lainnya adalah dipercaya mampu mengatasi amandel. Caranya, ambil 3 buah jeruk nipis, potong-potong, lalu rebus dengan 2 gelas hingga airnya tersisa 3/4. Setelah itu saring air rebusan dan gunakanlah untuk berkumur. Lakukan hal ini 3-4 kali sehari.

Baca Juga: 

3. Anyang-anyangan

Dua buah jeruk nipis dicuci bersih, lalu diperas serta diberi gula batu secukupnya. Setelah itu tambahkan 1 gelas air panas. Setelah hangat, minum air perasan jeruk nipis ini sehari sekali.

4.  Batuk

Salah satu khasiat jeruk nipis yang banyak disarankan adalah kemampuannya mengatasi batuk. Caranya, ambil satu buah jeruk nipis kemudian diperas dan dicampur dengan satu sendok madu dan sedikit garam. Aduk hingga rata lalu saring air campuran jeruk nipis itu. Anda bisa meminumnya 2-3 kali sehari.

5. Batuk disertai Influenza

Potong satu buah jeruk nipis  kemudian rebus dengan air yang cukup banyak. Seduh air perasannya dengan 60 cc air panas. Tambahkan 1/2 sendok teh air kapur sirih sambil diaduk rata. Minum ramuan ini 2 kali sehari.

23 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan (No. 19 Tak Disangka)

6. Bau badan

Manfaat jeruk nipis tidak hanya dirasakan untuk kesehatan tetapi juga berguna untuk menunjang penampilan yaitu mengatasi bau badan. Caranya, potong jeruk nipis yang cukup besar menjadi 2 bagian, olesi bagian irisan dengan kapur sirih tipis-tipis. Setelah itu, oleskan ke ketiak setelah mandi. Biarkan selama 5 menit lalu dibilas, lalukan cara ini setiap pagi dan sore.

7. Batu Ginjal

Manfaat jeruk nipis ternyata juga bisa dirasakan oleh organ dalam tubuh, salah satunya adalah ginjal. Dua buah air perasan jeruk nipis dicampur dengan 2 gelas air hangat dapat Anda minum setelah makan. Laku cara ini selama 10 hari.

8. Demam atau flu

Saat Anda mengalami demam atau flu, obat alami yang bisa Anda coba adalah menggunakan jeruk nipis. Caranya, peras satu buah jeruk nipis, setelah itu tambahkan 3 siung bawah merah yang telah dilumatkan, tambahkan juga 1 sendok minyak kelapa. Oleskan ramuan ini pada kening penderita.

Baca Juga: 

10.  Mengatasi haid tidak teratur

Tiga sendok makan air jeruk nipis ditambah 1 sendok makan madu dan 2 gelas air panas. Setelah diaduk rata minumlah selagi hangat. Lakukan cara ini 3 kali sehari.

11.  Setelah melahirkan

Satu sendok makan kapur sirih ditambah 2 sendok makan minyak kayu putih dan 2 butir perasan jeruk nipis, diaduk sampai rata, kemudian balurkan pada perut. Lakukan cara ini selama 3 bulan dan lakukan sehabis mandi agar perut terhindar dari keriput, tetap halus dan kempis seperti sedia kala.

12. Jerawat

Manfaat jeruk nipis untuk kulit yang bisa Anda dapatkan adalah kemampuannya mengatasi jerawat. Ambil satu jeruk nipis, kemudian iris tidak tidak terlalu tebal kemudian gosokan pada kulit wajah.

13. Mencegah rambut rontok dan ketombe

Khasiat jeruk nipis tidak hanya bisa dirasakan oleh kulit wajah, akan tetapi Anda juga bisa merasakan manfaatnya pada kulit kepala. Caranya, potong dua jeruk nipis menjadi tiga bagian, kemudian oleskan pada kulit kepala sampai rata. Bungkus kepala dengan handuk semalaman, kemudian keramas keesokan harinya. Lakukan cara ini tiga  kali seminggu.

14. Melebatkan rambut

Satu butir kuning telur ayam kampung dikocok dengan perasan 3 butir jeruk nipis dipercaya dapat melebatkan rambut. Sambil digosokan, pijit-pijit kulit kepala hingga merata. Biarkan selama 2 jam, setelah itu baru dibilas dengan sampo merang agar rambut menjadi mengkilap dan lebat.

15. Menghentikan kebiasaan merokok

Bagi Anda yang memiliki ketergantungan akan rokok dan berniat untuk berhenti dari ketergantungan ini, Anda bisa mendapatkan manfaat jeruk nipis yaitu dengan mengisap 1 potong jeruk nipis. Selesai mengisap jeruk nipis Anda bisa langsung mengonsumsi air putih. Lakukan metode beberapa kali dalam sehari.

16. Vertigo

Manfaat daun jeruk nipis yang sering kali dilewatkan adalah kemampuannya mengatasi vertigo. Ambil senggenggam daun jeruk nipis kemudian dilumatkan. Setelah itu tambahkan 1 sendok air jeruk nipis. Kemudian gosokkan ke tengkuk, pelipis, dan dahi. Lakukan cara ini 2 kali sehari.

17. Radang tenggorokan

Potong 3 buah jeruk nipis lalu diperas. Seduh air perasannya dengan 1/2 cangkir air panas, tambahkan 1 sendok makan madu sambil diaduk rata. Selagi hangat, gunakan ramuan ini untuk berkumur selama 2-3 menit. Lakukan cara ini 3 kali sehari.

18. Lendir di tenggorokan 

Potong 2 buah jeruk nipis kemudian peras airnya. Tambahkan sedikit garam, lalu aduk sampai rata. Ramuan ini dapat diminum pada saat perut kosong.

23 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan (No. 19 Tak Disangka)

19. Meredakan Nyeri Terkilir

Ambil tiga buah jeruk nipis yang sudah dibelah menjadi dua, kemudian masukkan ke dalam poci lalu diseduh dengan 1/2 cangkir air panas, kemudian ditutup rapat. Setelah dingin ambil jeruknya kemudian disaring.

Tambahkan 2 sendok makan minyak kayu putih dan 2 sendok makan minyak gandapura. Ramuan ini dipakai untuk mengurut bagian yang cedera. Setelah itu minum 3/4 gelas air kelapa hijau muda. Lakukan cara ini 3 kali sehari untuk mendapatkan khasiat jeruk nipis yang maksimal.

20. Sakit gigi 

Campurkan air jeruk nipis, gilingan akar kecubung hitam dan gilingan legetan warak masing-masing 1 sendok makan. Tambahkan 3/4 cangkir air garam ke dalamnya, lalu aduk sampai rata. Selanjutnya peras ramuan tersebut dan saring. Gunakan air saringannya untuk berkumur selama beberapa menit, lalu buang. Lakukan cara ini 4-6 kali sehari.

21. Melangsingkan badan

Manfaat jeruk nipis lainnya adalah dipercaya membuat tubuh Anda lebih langsing. Tambahkan air perasan satu buah jeruk nipis ke dalam cangkir air teh hijau. Minum ramuan ini setiap pagi dan sore hari.

Baca Juga: 

22. Menambah stamina

Campurkan sebutir kuning telur ayam kampung dengan satu buah air perasan jeruk nipis dan sedikit irisan gula merah. Aduk sampai rata, lalu minum ramuan ini seminggu sekali.

23. Menurunkan tekanan darah tinggi

Manfaat jeruk nipis lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah berguna untuk mengatur . Sediakan 30 lembar daun jeruk nipis lalu tambahkan air perasan 2 buah jeruk nipis.

Rebus bahan-bahan tersebut dalam 3 gelas air bersih sampai tersisa 2 1/4 gelas. Setelah dingin, saring air rebusan tersebut. Air saringannya dapat diminum 3 kali sehari. Agar manfaat tambahan dapat dirasakan tambahkan madu di didalamnya.

Fungsi Lain dan Kandungan Jeruk Nipis

Selain dipercaya sebagai pengobatan, air perasan jeruk nipis buah jeruk nipis dapat digunakan sebagai penyedap masakan, minuman, penyegar, bahan pembuat asam sitrat, serta membersihkan karat pada logam dan yang kotor.

Sebagai herbal alami, khasiat jeruk nipis juga dipercaya mampu menghilangkan sumbatan vital energi, obat batuk, peluruh dahak (mukolitik), peluruh kencing (diuretik) dan keringat, serta membantu proses pencernaan.

Jeruk nipis mengandung minyak terbang limonene dan linalool, juga flavonoid, seperti poncirin, hesperidine, rhoifolin dan naringin. Kandungan buahnya yang masak adalah synephrine, N-methyltyramine, asam sitrat, kalsium, fosfor, besi dan vitamin A, B1, dan C. Asam sitratnya mampu mencegah kekambuhan pada pasien pasca operasi batu ginjal.

DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi

oke detil mengenai 23 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan (No. 19 Tak Disangka) semoga tulisan ini menambah wawasan terima kasih

Artikel ini diposting pada kategori jeruk nipis peras, jeruk nipis peras tahan berapa lama, jeruk nipis peras setiap pagi, , tanggal 24-09-2020, di kutip dari https://doktersehat.com/manfaat-jeruk-nipis-untuk-kesembuhan-penyakit/

Posting Komentar untuk "23 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan (No. 19 Tak Disangka) Jeruk Nipis Peras"