15 Manfaat Labu Siam Bagi Kesehatan - Manfaat.co.id Efek Samping Labu Siam

15 Manfaat Labu Siam Bagi Kesehatan - Manfaat.co.id

Halo berjumpa kembali di situs Autoblog Kesehatan , pada sesi ini penulis akan memberikan penjelasan mengenai "15 Manfaat Labu Siam Bagi Kesehatan - Manfaat.co.id" secara tuntas, mari simak sedetilnya ...

15 Manfaat Labu Siam Bagi Kesehatan - Manfaat.co.id

Labu siam adalah sejenis sayuran yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Di wilayah Jawa, labu siam lebih dikenal dengan sebutan jipang, sedangkan di dunia labu siam disebut dengan nama chayote. Labu siam sendiri bukan merupakan tanaman asli Indonesia. Seperti namanya, labu siam berasal dari wilayah Siam yang berada di Negara tetangga kita yakni Thailand.

Saran Penyajian Labu Siam

Di luar negeri, labu siam biasanya digunakan sebagai campuran minuman the atau salad. Namun tak jarang, di Indonesia sendiri labu siam dijadikan berbagai masakan yang sangat menggugah selera, dari mulai sebagai bahan campuran untuk membuat sayur asam hingga oseng – oseng atau bahkan masakan yang lainnya. Jika anda ingin memasak labu siam, inilah salah satu rekomendasi resep yang bisa anda praktekan di rumah dengan mudah:

15 Manfaat Labu Siam Bagi Kesehatan - Manfaat.co.id
  1. Siapkan satu buah labu siam. Lalu, cuci labu siam dan kupas.
  2. Potong labu siam dengan bentuk memanjang, kecil – kecil seukuran dengan korek api. Lalu tiriskan.
  3. Siapkan udang 150 gram. Cuci bersih udang, lalu bersihkan pula cangkang udang. Dapat dipotong atau disesuaikan dengan selera.
  4. Untuk bumbunya, siapkan cabai merah untuk perasa pedas dan jumlahnya dapat disesuaikan dengan selera anda. Siapkan juga bawang putih dan bawang merah dua suing untuk masing – masing. Bahan lainnya untuk bumbu yaitu kemiri, salam, kunyit, lengkuas, gula serta garam. Lalu, haluskan semua bumbu yang sudah disiapkan tadi.
  5. Cara memasaknya yakni dengan menumis bumbu yang sudah dihaluskan sebelumnya. Setelah bumbu mengeluarkan aroma harum, masukan labu siam yang sudah dipotong – potong dan udang.
  6. Langkah terakhir, masukan santan cair kedalam tumisan bumbu, udang dan labu siam. Tunggu hingga mendidih dan labu serta udang sudah matang.
  7. Menyajikan sayur labu siam dapat ditemani dengan lontong.

Anda juga bisa memanfaatkan labu siam untuk mendapatkan manfaat kesehatannya dengan membuat jus labu siam. Meminum jus labu siam setidaknya dua kali dalam seminggu dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Efek Samping Labu Siam

Pada dasarnya, mengkonsumsi labu siam dalam takaran yang wajar tidak akan menyebabkan efek samping apapun pada kesehatan. Namun, ada satu hal yang harus anda perhatikan saat anda mengupas labu siam. Pada labu siam, jika kulitnya di kupas akan mengeluarkan getah yang berwarna bening yang dapat menyebabkan rasa gatal dan tangan atau jari yang memegang labu siam yang sudah di kupas bahkan bisa mengalami mati rasa. Hal tersebut terjadi karena di dalam getah labu siam tersebut mengandung sejenis zat yang bersifat anestesi.

Efek yang dirasakan saat mengupas atau memegang labu siam tersebut hanyalah sementara, jadi anda tidak perlu khawatir. Cuci tangan hingga bersih untuk meredakan efek tersebut. Sebagai tambahan informasi, ternyata labu siam bisa menyebabkan efek samping jika terjadi interaksi dengan obat – obatan tertentu seperti aspirin dan obat – obatan yang digunakan dalam pengobatan penyakit kardiovaskular. Manfaat labu siam dapat anda gunakan sebagai sayuran untuk konsumsi sehari hari.

Begitulah pembahasan "15 Manfaat Labu Siam Bagi Kesehatan - Manfaat.co.id" terima kasih atas kunjungannya

konten ini dikelompokkan ke dalam kategori efek samping labu siam, efek samping daun labu siam, efek samping labu siam rebus,

konten ini bersumber dari https://manfaat.co.id/15-manfaat-labu-siam-bagi-kesehatan

Posting Komentar untuk "15 Manfaat Labu Siam Bagi Kesehatan - Manfaat.co.id Efek Samping Labu Siam"