11 Manfaat Buah Kasturi Untuk Kesehatan - Manfaat.co.id Jeruk Kasturi Wikipedia

11 Manfaat Buah Kasturi untuk Kesehatan - Manfaat.co.id

Hohoho, selamat pagi, di kesempatan akan membawa pembahasan tentang jeruk kasturi wikipedia 11 Manfaat Buah Kasturi untuk Kesehatan - Manfaat.co.id simak selengkapnya 

11 Manfaat Buah Kasturi untuk Kesehatan - Manfaat.co.id

Kasturi merupakan tanaman tropis khas dari Kalimantan sehingga kebanyakan orang menyebutnya sebagai mangga kalimantan. Tanaman kasturi yang memiliki nama latin Mangifera casturi, pada awalnya bersifat enemik (hanya ada) di hutan sekitar Banjarmasin di Kalimantan. Namun karena banyaknya kasus penebangan hutan, tanaman ini mulai sulit untuk dijumpai di hutan Kalimantan.

Hal ini membuat tanaman ini telah masuk kedalam daftar merah IUCN (Internasional Union for Consercation of Nature) sebagai tumbuhan punah (Extinct in the Wild)”. Punah disini maksudnya, tanaman ini tidak dapat dijumpai lagi di habitat aslinya dan hanya dapat dijumpai di perkebunan maupun di kawasan konversi.

11 Manfaat Buah Kasturi untuk Kesehatan - Manfaat.co.id

Ciri-ciri Tanaman Buah Kasturi

manfaat buah kasturi

  • Tinggi pohon mencapai 25 meter dengan diameter batang yang cukup besar yaitu 40-110 cm
  • Warna kulit kayu ada yang putih keabu-abuan dan ada yang coklat terang
  • Bentuk daunya lanset dan berujung runcing
  • Warna daun mudanya adalah ungu tua

Buah kasturi menyerupai mangga pada umumnya namun memiiki ukuran yang kecil dan beratnya sekitar 50-84 gram. Buah kasturi memiliki 3 jenis buah yaitu :

  1. Kasturi, jenis yang menghasilkan buah berbentuk bulat telur yang berwarna hijau berbintik hitam ketika muda dan berubah menjadi warna kehitaman ketika tua.
  2. Cuban, jenis yang mirip dengan kasturi namun buahnya berwarna kemerahan dan tidak menjadi hitam ketika tua. kulit buahnya lebih mudah dipisahkan dari daging buahnya yang berwarna kuning orange.
  3. Asam pilipisan, jenis kasturi yang memiliki buah berwarna hijau pucat dan berbintik hitam, namun ketika tua akan tetap berwarna hijau. Kasturi jenis ini memiliki serat yang jauh lebih banyak dan warna daging buahnya hijau orange kekuningan.

Meskipun buahnya kecil, kasturi memiliki aroma yang harum dan rasa yang enak sehingga banyak disukai oleh masyarakat khususnya masyarakata Kalimantan Selatan. Selain rasa yang enak, ternyata buah kasturi memiliki banyak manfaat yang beberapa diantaranya adalah:

1. Memiliki nutrisi yang baik

Buah kasturi memiliki nutrisi yang baik dan bermanfaat. Nutrisi tersebut antara lain:

  • Sukrosa sebanyak 7, 93% – Sukrosa memberikan rasa manis pada buah kasturi sehingga bisa digunakan sebagai pemberi rasa manis pada makanan seperti kue.
  • Lemak yang rendah karena hanya berjumlah sekitar 0,44%
  • Protein yang terkandung cukup banyak yaitu 1,20%
  • Secara keseluruhan, manfaat buah kasturi ini sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Oleh karena itu, buah kasturi layak untuk kita jadikan sebagai menu harian.

begitulah detil perihal 11 Manfaat Buah Kasturi untuk Kesehatan - Manfaat.co.id semoga info ini bermanfaat salam

Artikel ini diposting pada label , tanggal 28-09-2020, di kutip dari https://manfaat.co.id/11-manfaat-buah-kasturi-untuk-kesehatan

Posting Komentar untuk "11 Manfaat Buah Kasturi Untuk Kesehatan - Manfaat.co.id Jeruk Kasturi Wikipedia"